Sukses

BI Jember Siapkan Uang Rp 1,9 Triliun untuk Ramadan dan Penukaran Uang Lebaran

Kantor Perwakilan Jember menyediakan uang tunai Lebaran Rp 1,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lima Kabupaten di wilayah kerjanya

Liputan6.com, Jember - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jember menyediakan uang tunai Lebaran Rp 1,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri.

“Kami bekerja sama dengan pihak perbankan menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di masyarakat selama Ramadan hingga lebaran,” ujar Kepala Perwakilan BI Jember Gunawan, Rabu (20/3/2024).

Jumlah uang tersebut meningkat dibandingkan tahun 2023 sebesar Rp1,6 triliun, sehingga jumlah tersebut dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran di daerah wialayah kerja BI Jember yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang dan Situbondo.

“Sementara itu jumlah proyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya idul Fitri tahun 2024 yang telah disampaikan oleh perbankan di wilayah kerja BI Jember sebesar Rp1.964.699.000.000, sehingga kami menyiapkan uang Rupiah lebih banyak,”tuturnya.

Ia telah melakukan persiapan dan kordinasi dengan pihak perbankan serta infrastuktur sistem pembayaran nontunai untuk memastikan kegiatan transaksi non tunai berjalan dengan lancar.

"Kami melibatkan sembilan perbankan untuk melayani masyarakat dalam penukaran uang rupiah dengan kas keliling di sejumlah lokasi keramaian sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,”katanya.

Layanan kas keliling bersama perbankan di Kabupaten Jember dilaksanakan pada 19 Maret 2024 sekaligus pelaksanaan Kick off Semarak Rupiah Ramadan dan  Berkah Idul Fitri 2024 di Kantor BI Jember.

“Kami juga membuka layanan penukaran uang pecahan rupiah di alun-alun Jember bersama sembilan perbankan pada 2 April 2024,” paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penukaran Uang Bisa di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Jangkar

Gunnawan menjelaskan kas keliling dalam kota dan luar kota juga digencarkan selama Ramadan hingga menjelang Lebaran yang diagendakan sebanyak 8 kali termasuk kas keliling pada area mudik yaitu di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Pelabuhan Jangkar Situbondo pada awal April 2024.

“Masyarakat yang akan menukar  melakukan layanan yang disediakan oleh BI Jember dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR pada Alamat https://pintar.bi.go.id/,”katanya.

BI Jember berupaya untuk meningkatkan kualitas program Serambi Setiap tahunya dan pada tahun ini penguatan program di antaranya penambahan nominal paket penukaran menjadi Rp 4 juta per paket.

“Selain itu juga modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.