Sukses

Didemo Banser karena Samarkan Wajah Gus Irsyad di Gelas Kopi Kapiten, Pj Bupati Pasuruan Minta Maaf

Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto menegaskan, tidak ada unsur kesengajaan disamarkannya wajah Gus Irsyad pada coffee cup Kapiten (Kopi Khas Kabupaten Pasuruan).

Liputan6.com, Pasuruan - Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan Andriyanto menegaskan, tidak ada unsur kesengajaan disamarkannya wajah Gus Irsyad pada gelas kopi Kapiten (Kopi Khas Kabupaten Pasuruan).

Pernyataan klarifikasi itu disampaikannya saat menanggapi aksi demo yang dilakukan oleh Banser Kabupaten Pasuruan pada Rabu 28 Februari 2024.

Pj. Bupati Andriyanto menjelaskan perihal informasi yang ramai beredar di media massa. Bahwa pemburaman foto Gus Irsyad sebagai penggagas hak paten Kapiten tersebut dikarenakan kesalahpahaman.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan, saya memohon maaf atas beredarnya pemberitaan tentang hal tersebut. Sekali lagi saya sampaikan, tidak ada unsur kesengajaan dalam pemburaman wajah Gus Irsyad di gelas kopi Kapiten yang disajikan di Rapat Paripurna LKPJ Bupati Pasuruan 2023 di Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan pada hari Senin (26/2/2024)," ujarnya, dikutip dari akun resmi kabupaten Pasuruan, Kamis (29/2/2024).

Dia menegeskan, tidak pernah memerintahkan kepada siapapun.

"Kami minta maaf karena tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang waktu itu kurang teliti tidak memeriksa ulang gelas kopi sebelum digunakan," tandasnya.

Ditambahkannya, soal pemburaman wajah Gus Irsyad pada coffee cup Kapiten lebih kepada bentuk netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Pasuruan selama pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Meski demikian, gelas kopi bergambar ilustrasi wajah Gus Irsyad kembali digunakan seperti sediakala seusai pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

"Masih adanya coffee cup Kopi Kapiten bergambar wajah Gus Irsyad yang diburamkan, itu karena murni karena kekurangtelitian. Kami mohon maaf sekali lagi karena belum ditarik untuk diganti semuanya dengan coffee cup bergambar wajah Gus Irsyad utuh yang sebagian besar waktu itu juga sudah kami gunakan di acara yang sama," bebernya.

Dia menegaskan akan tetap menjaga legacy yang ditinggalkan Gus Irsyad. Bahkan Kopi Kapiten diantara karya beliau juga tetap kami jadikan suvenir untuk diberikan kepada para tamu yang berkunjung ke Kabupaten Pasuruan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Gus Irsyad

Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad adalah mantan Bupati Pasuruan dua periode yakni 2013—2018 dan 2018—2023.

Bersama wakilnya, Abdul Mujib Imron, mereka berhasil memenangkan pemilihan umum Bupati Pasuruan 2018. Ia merupakan adik kandung Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf. Mengawali karirnya sebagai kader muda Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pasuruan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.