Sukses

Berlangsung Serentak Besok 14 Februari, Berikut Daftar Lokasi Nyoblos Capres-Cawapres pada Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2024 serentak akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Seperti umumnya warga negara lainnya, calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) juga akan menyalurkan suara mereka ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

Capres nomor 1 Anies Baswedan bakal mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada tak jauh dari kediamannya di Jalan Lebak Bulus II, Cilandak, Jakarta Selatan.

"(Nyoblos) di TPS (Lebak Bulus) dong," kata Anies usai bertemu AA Gym di Masjid Daarut Tauhid, Jakarta Selatan, Senin, 12 Februari 2024.

Sementara itu, cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan menggunakan hak pilihnya di kawasan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Cak Imin bakal mencoblos di TPS 023, Halaman Panin Bank Jalan Kemang Raya Mampang, Jakarta Selatan. Lokasi itu berada tidak jauh dari rumah mertua Cak Imin.

Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto akan menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2024. Prabowo berencana mencoblos di TPS di sekitar kediamannya Hambalang, Bogor Jawa Barat, pada 14 Februari mendatang.

"Insyaallah di Hambalang," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

Sama seperti Pilpres 2019 silam, Prabowo menunaikan hak suaranya di TPS Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 

Cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming Raka memastikan akan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Ya, di Solo saja," kata Gibran di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin, 12 Februari 2024.

Gibran sudah menerima surat undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta untuk memilih pada Rabu, 14 Februari.

"Sudah. Saya baru nyampe jam 01.00 malam, harusnya sudah ada di rumah," kata Gibran yang juga calon wakil presiden peserta Pilpres 2024 itu.

Dia mengatakan akan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) bersama dengan istrinya, Selvi Ananda, sedangkan keluarganya yang lain, seperti ayahnya, Presiden Joko Widodo, dan adiknya, Kaesang Pangarep, tidak mencoblos di Surakarta.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto mengatakan Gibran dan istrinya akan mencoblos di TPS 034 Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Lokasi TPS Gibran tersebut berdasarkan hasil pengecekan di DPT daring berbasis nomor induk kependudukan (NIK).

"Itu lokasi TPS yang kemarin kami cek di DPT online, basisnya NIK," kata Bambang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar di Semarang, Mahfud di Yogyakarta

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo berencana mencoblos di kampung halamannya kawasan Semarang, Jawa Tengah, pada 14 Februari 2024 nanti.

"Di Jawa Tengah, Semarang (nyoblosnya)," kata Ganjar di Gedung Korpri, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Adapun alasan dirinya memilih melakukan pencoblosan di kampung halamannya sehubungan dengan data dirinya.

"Karena KTP saya masih Semarang," jelas dia.

Informasinya, Ganjar akan nyoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 11 Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang.

Sementara itu, Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md, bakal mencoblos di Yogyakarta pada hari pemungutan suara atau 14 Februari 2024.

Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md akan akan mencoblos di TPS 106, Jalan Jati No 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY.

Pada Rabu, 14 Februari 2024, Mahfud akan beraktivitas sejak pagi, dimulai salat subuh berjamaah di masjid kompleks kediaman. Rencananya, dia berangkat ke TPS Sambilegi pada 07.30 WIB.

Usai mencoblos, Mahfud akan langsung bertolak ke Jakarta untuk menonton hitung cepat atau quick count Pilpres 2024.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini