Sukses

Motor Listrik Evits Besutan ITS Siap Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Bisa Gaspol hingga 55 Km per Jam

Motor listrik Electric Vehicle ITS (EVITS) besutan PT ITS Tekno Sains, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama PT Panggung Electric Citrabuana, siap meramaikan pasar industri otomotif Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya - Motor listrik Electric Vehicle ITS (EVITS) besutan PT ITS Tekno Sains, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama PT Panggung Electric Citrabuana, siap meramaikan pasar industri otomotif Indonesia.

Rektor ITS Mochamad Ashari mengatakan, EVITS TS-1  siap bersaing di pasar otomotif nasional. Motor ini merupakan produk motor listrik yang didesain ergonomis dengan kemampuan akselerasi yang baik.

"EVITS TS-1 dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam," ujarnya, usai peluncurkan EVITS TS-1 dalam soft launching yang bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS Surabaya, Senin (22/1/2024).

Ashari mengungkapkan, motor ini dilengkapi dengan dua baterai lithium berkapasitas 60 Volt 26 Ah.

“Kalau akselerasinya sendiri, untuk menempuh jarak 55 kilometer, akselerasinya membutuhkan tujuh sampai delapan detik,” ucap Guru Besar Teknik Elektro ITS ini.

Direktur PT ITS Tekno Sains, I Ketut Gunarta menambahkan, EVITS ini telah berkembang dari berbagai lini. Menurutnya, sistem integrasi yang menjadi otak dari EVITS TS-1 juga lebih canggih.

“Integrasi dari controller ke motor serta sistem manajemen baterainya jauh lebih baik,” ujarnya.

Gunarta menyebut, motor listrik EVITS TS-1 memiliki tampilan yang lebih gagah dan sporty. Dengan desain body yang lebih menarik, EVITS tipe pertama ini memiliki kualitas material yang lebih kokoh.

Selain itu, lanjut Gunarta, motor ini juga menggunakan ban langsung tanpa belt yang tidak menimbulkan suara bising yang mengganggu saat digunakan.

“Terbukti saat uji coba tadi, EVITS ini nyaman sekali saat dinaiki,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

60 Persen Komponen Lokal

Menyinggung terkait komitmen penggunaan elemen lokal dalam produksinya, Gunarta menginformasikan bahwa Total Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk ini diperhitungkan mencapai sekitar 60 persen.

Dengan capaian ini, Gunarta mengatakan, ITS telah berupaya maksimal mendukung perkembangan teknologi dan inovasi dalam negeri. "Pada tahap awal ini EVITS TS-1 telah diproduksi sebanyak 1.000 unit. Dan sebanyak 250 unit sudah sold out,” ujarnya.

Gunarta mengungkapkan, EVITS akan terus dikembangkan dengan berbagai fitur yang disempurnakan. Ke depannya, Gunarta membocorkan bahwa produk ini juga akan dikembangkan menjadi motor tiga roda, roda empat, hingga minibus.

Terakhir, dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS ini berharap agar kehadiran EVITS dapat diterima oleh masyarakat luas. “Tentunya bisa menjadi produk unggulan yang dampaknya dapat dirasakan oleh semua kalangan,” ucapnya.

Poto: Rektor ITS Mochamad Ashari (kiri) saat peluncurkan EVITS TS-1 dalam soft launching yang bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.