Sukses

Tuntaskan TC Sebulan di Jerman, Begini Rapor Hasil Pertandingan Timnas U-17

Tim Nasional U-17 Indonesia menuntaskan pemusatan latihan training center (TC) di Jerman sejak 18 September 2023 untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional U-17 Indonesia menuntaskan pemusatan latihan training center (TC) di Jerman sejak 18 September 2023 untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Selama TC di Jerman pun, mereka sudah mengadakan uji coba dengan tujuh klub berbeda. Hasilnya, dua kali menang, satu kali hasil imbang dan empat kalah.

Pelatih kepala timnas U-17 Bima Sakti mengucapkan syukur Alhamdulillah sudah menjalani lima minggu TC di Jerman.

"Ada tujuh uji coba. Progresnya di awal kita mengalami penurunan karena mungkin cuaca, lamanya TC yang lima minggu, agak sedikit drastis memang kondisi pemain. Tapi dari segi permainan, mereka menunjukkan progres, dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” ujarnya Selasa (24/10/2023).

Dia menyatakan, ada beberapa kekurangan, kelemahan yang harus kita benahi dari timnya sepanjang TC.

"Mudah-mudahan dua minggu sebelum Piala Dunia nanti, kita bisa memperbaiki kekurangan itu,” lanjutnya.

Adapun kekurangan yang dimaksud adalah koordinasi. Terutama komunikasi antar sesama pemain, kemudian koordinasi saat bertahan dan menyerang.

"Hal tersebut kita komunikasikan juga ke pemain, kita juga sudah melihat video-video saat uji coba, evaluasi dari sana, semoga itu menjadi perbaikan untuk kami,” ungkap Bima.

Bima Saksi berharap tim bisa lebih baik lagi, mengingat waktu tinggal kurang lebih dua minggu lagi jelang Piala Dunia U-17.

“Saya berharap pemain bisa cepat adaptasi lagi kondisi cuaca di Indonesia, pemain juga bisa menjaga kondisinya, kesehatannya, apalagi waktu sudah semakin mepet," ujarnya.

Pihaknya akan mengadakan latihan dan adaptasi dengan kota Surabaya.

"Semoga mereka cepat beradaptasi dan bisa pulih lagi kondisinya serta bisa fokus lagi ke pertandingan Piala Dunia nanti,” jelas Bima Sakti.

 FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Dapat Banyak Pelajaran di Jerman

Bagi Muhammad Iqbal Gwijangge, tuntasnya TC bukan berarti berakhirnya latihan mereka. Itu merupakan awal untuk kemudian nantinya bisa lebih fokus menghadapi Piala Dunia U-17 di Indonesia. Dia mewakili teman-temannya mendapatkan banyak pelajaran yang luar biasa di Jerman.

“Alhamdulillah kita banyak pelajaran yang bisa diambil setelah TC di Jerman, dan tujuh kali uji coba, terutama saat beruji coba dengan tim-tim kuat disana, seperti Frankfurt dan Mainz, agar kita tahu kekurangan, kelemahan dan kelebihan kita, apa yang harus kita tingkatkan lagi, agar nanti di Piala Dunia U-17 Indonesia kita bisa memberikan hasil yang maksimal,” tutur Iqbal.

“Kita masih harus matangkan lagi di attacking, final third dari tengah ke depan, attacking position juga kita harus tingkatkan lagi saat di Indonesia nanti, supaya lebih efektif dan efisien bermain bolanya waktu kita nanti menghadapi tim-tim seperti Ekuador, Panama dan Maroko.”

“Saya berharap semua pemain bisa mengambil semua pelajaran selama TC di Jerman, bagaimana tim-tim di Eropa bermain bola, supaya nanti di Piala Dunia saat bermain melawan tim-tim Eropa, kita terbiasa dan sudah tahu bagaimana cara mereka bermain dan mengatasinya,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Hasil Laga Uji Coba Tim U-17 TC di Jerman

Tim U-17 akan mendarat di Tanah Air pada hari ini, dan melanjutkan TC di Jakarta hingga awal November mendatang berangkat ke Surabaya.

Di Piala Dunia U-17 nanti, Indonesia berada di Grup A bersama dengan Ekuador, Maroko, dan Panama. Laga perdana mereka akan dimulai hari Jumat, 10 November 2023, pukul 19.00 WIB melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Hasil Laga Uji Coba Tim U-17 TC di Jerman:

Jumat, 20 Oktober 2023

Indonesia U-17 2 - 3 FC Koln U-17

Selasa, 17 Oktober 2023

Indonesia U-17 1 - 1 SV Meppen U-17 

Sabtu, 14 Oktober 2023

Indonesia U-17 0 - 3 1. FSV Mainz 05 U-19 

Minggu, 08 Oktober 2023

Indonesia U-17 0 - 3 Eintracht Frankfurt U-19

Kamis, 05 Oktober 2023

Indonesia U-17 2 - 1 VFL Osnabrück U-19 

Senin, 02 Oktober 2023

Indonesia U-17 1 - 0 SC Paderborn Youth U-17

Kamis, 28 September 2023

Indonesia U-17 0 - 1 TSV Meerbusch U-17

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.