Sukses

Namanya Disebut Bakal Jadi Cawapres Prabowo, Emil Dardak: Saya Justru Mau ke Korea

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menanggapi adanya rumor namanya masuk sebagai salah satu bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subainto di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menanggapi adanya rumor namanya masuk sebagai salah satu bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subainto di Pilpres 2024.

Rumor tersebut beredar usai Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membuat cuitan "E" pada akun media sosial X miliknya. Unggahan itu dibuat pada Kamis (19/10/2023) pukul 16.20 WIB.

"Saya justru sedang bersiap berangkat ke Korea," kata Emil di Surabaya, Jumat 20 Oktober 2023.

Emiil ke Korea untuk mengikuti serangkaian sesi di Asia Pacific Urban Forum (APUF) yang diselenggarakan empat tahun sekali. Dia berkapasitas sebagai Wagub Jatim sekaligus sebagai Presiden EAROPH International (Eastern Regional Organization for Planning & Human Settlements).

Nama "E" itu saat ini santer dikaitkan dengan Emil Dardak, apalagi dia juga merupakan tokoh muda.

Sosok tokoh muda calon pendamping Prabowo sebelumnya juga diutarakan salah satu politikus Partai Gerindra. Selain latar belakang usai, sosok tersebut juga memiliki pengalaman di bidang pemerintahan.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum menentukan calon wakil presiden. Ia mengaku masih menunggu perkembangan politik di internal Koalisi Indonesia Maju.

Salah satu yang ditunggu Prabowo adalah hasil Rapimnas Partai Golkar yang digelar Sabtu (21/10) besok.

"Ya kita lihat perkembangan. Besok ada Rapimnas Golkar, kita tunggu perkembangan," katanya ditemui di Kantor DPP Golkar, Jumat (20/10).

Prabowo mengungkap akan melakukan pendaftaran pada pekan depan. Ia memastikan tidak akan mendaftarkan ke KPU sebagai calon presiden di akhir pekan ini.

Sementara pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden masih dibuka KPU sampai Rabu (25/10) mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Capres Minggu Depan

"Saya kira minggu depan sudah kita pendaftaran ya. Minggu depan. Bukan hari Minggu, minggu depan," kata menteri pertahanan ini.

Sementara, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan sinyal akan mendukung sosok calon wakil presiden yang berumur di bawah 40 tahun. Golkar akan memberikan dukungan kepada pasangan capres dan cawapres pada Rapimnas besok Sabtu (21/10).

Airlangga memang tidak menyebut siapa sosok berumur di bawah 40 tahun tersebut. Tetapi tokoh yang tengah mencuat adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang kini berusia 36 tahun. Sementara soal sosok calon presiden tidak lain adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Jadi Rapimnas besok itu membahas capres cawapres yang didukung Golkar," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jumat (20/10).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.