Sukses

Kebakaran Gunung Arjuno Dinyatakan Padam, Operasi Water Bombing Resmi Ditutup

Setelah beroperasi hampir sekitar tiga pekan upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan melalui Water Bombing Gunung Arjuno secara resmi ditutup pada hari Selasa 19 September 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Setelah beroperasi hampir sekitar tiga pekan upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan melalui Water Bombing Gunung Arjuno secara resmi ditutup pada hari Selasa 19 September 2023.

"Penutupan operasi udara dalam penanganan Karhutla Gunung Arjuno ini didasarkan pada telah mereda kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Gunung Arjuno dalam beberapa hari terakhir," ujar Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Kamis 21 September dikutip dari Antara.

Meskipun operasi udara water bombing telah ditutup, pihaknya mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap risiko kebakaran hutan dan mematuhi petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak berwenang setempat.

Operasi udara water bombing ini berawal dari munculnya titik api di Gunung Arjuno, tepatnya di Bukit Budug Asu, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada 26 Agustus 2023.

Lantaran kondisi yang kering ditambah dengan arus angin yang kencang, titik api itu akhirnya menyebar luas, bahkan hingga ke empat wilayah, yakni Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto.

Gatot Soebroto menyatakan, berdasarkan data Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, selama 2023 telah terjadi kebakaran hutan di wilayah Gunung Arjuno sebanyak tujuh kali dengan total luasan terdampak sebanyak 5.094,41 hektare.

"Jumlah itu juga termasuk kebakaran hutan Gunung Arjuno sejak 26 Agustus sampai dengan 16 September 2023 yang dampak luasannya mencapai 4.850 hektare," ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 1.790 personel yang telah ikut terlibat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan Gunung Arjuno dan sebanyak 309 kali water bombing dilakukan dengan total air sebanyak 628.000 liter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Pantau Situasi

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNPB, bupati atau walikota, jajaran TNI, Polri, jajaran OPD terkait, para relawan dan segenap masyarakat yang telah berjibaku tanpa lelah, dalam melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno ini," tuturnya.

Pihaknya juga terus memantau situasi ini dengan cermat dan siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika diperlukan karena keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

"Kami juga bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas dibukanya kembali Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS)," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.