Sukses

Water Bombing Sukses, Kebakaran di Bukit Teletubbies Gunung Bromo Mulai Padam

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyatakan, kebakaran hutan dan lahan di kawasan Savana Bukit Teletubbies Gunung Bromo kini mulai mereda setelah dilakukan operasi water bombing sejak Minggu 11 September 2023.

 

Liputan6.com, Jakarta Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyatakan, kebakaran hutan dan lahan di kawasan Savana Bukit Teletubbies Gunung Bromo kini mulai mereda setelah dilakukan operasi water bombing sejak Minggu 11 September 2023.

Guna memastikan bara api itu benar-benar padam, Gatot bersama Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Hendro Widjanarko memimpin langsung operasi pemadaman dan pembasahan di sejumlah titik di kawasan Gunung Bromo.

"Kita ingin memastikan bahwa api dan asap di Gunung Bromo ini benar-benar padam," ujar Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, Senin (11/9/2023) petang.

Gatot mengatakan, titik api yang sempat meluas hingga ke arah Kabupaten Malang dan Lumajang ini pun kini juga sudah terlihat padam.

"Hanya terlihat beberapa asap dari bara api yang tersimpan di tanah dan pohon yang terbakar," ucap Gatot.

Operasi pemadaman dan pembasahan di sejumlah titik di kawasan Gunung Bromo diantaranya, di area Krajan, Ngadireji, Kecamatan Sukapura, area Gedong, Sariwani, Kecamatan Sukapura, Bukit Plentong Kabupaten Malang dan kawasan Jemplang Watu gede Kabupaten Malang.

Selain operasi pemadaman lewat darat, lanjut Gatot, dalam dua hari ini juga telah dilangsungkan upaya pemadaman lewat udara, melalui water bombing.

"Operasi udara menggunakan helikopter BNPB Superpuma PK-DAN yang berkapasitas 4.000 liter," ujar Gatot.

Turut terlibat dalam operasi pemadaman via darat ini, Tim BPBD Jatim, Tim TNBTS, Tim Tagana Dinsos Kabupate Probolinggo, Tim BPBD Kabupaten Probolinggo, Tim BPBD Kabupaten Malang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

46 Kali Water Bombing

Petugas Patroli Karhutla Gabungan Polsek Poncokusumo, Tim Damkar Manggala AGNI Brigade Pengendali Kebakaran Hutan, perwakilan LMDH, TNI, Polri, dan masyarakat peduli api.

Diketahui, sepanjang Senin (11/9/2023), operasi water bombing di Gunung Bromo dilakukan sebanyak 46 kali dengan kapasitas air 184.000 liter.

Operasi ini menyasar kawasan Keciri di wilayah Kabupaten Probolinggo, Bukit Kayangan, Bukit Plentong dan Jemplang Watu Gede yang masuk wilayah Kabupaten Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.