Sukses

Ada Biogas, Warga Sraten Banyuwangi Tak Cemas Gas Elpiji 3 Kg Langka di Pasaran

Kelangkaan gas elpiji 3 kilogram beberapa pekan terakhir, tidak membuat cemas warga Dusun Sukodadi, Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Pasalnya mereka telah membuat gas dari kotoran hewan ternak yakni biogas.

 

Liputan6.com, Banyuwangi - Kelangkaan gas elpiji 3 kilogram beberapa pekan terakhir, tidak membuat cemas warga Dusun Sukodadi, Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Pasalnya mereka telah membuat gas dari kotoran hewan ternak yakni biogas.

Biogas adalah energi yang dihasilkan dari limbah organik seperti kotoran ternak, atau limbah dapur seperti sayuran yang sudah digunakan. Material tersebut akan melalui proses urai yang dinamakan Anaerobik Digester diruang kedap udara.

Biogas dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif pengganti elpiji untuk memasak. Seperti yang dilakukan oleh salah satu warga Desa Sraten, Mastur. Dia engaku dengan adanya biogas yang produksinya dengan menggunakan kotoran ternak kambing miliknya, Mastur tak gelisah dengan adanya kelangkaan gas 3 kg.

“Alhamdulillah dengan adanya Emvitrust Indonesia, saya bisa belajar dan memproduksi biogas sendiri,” ucapnya, Kamis (3/8/2023).

Mastur, mengatakan, dengan adanya biogas ini sangat membantunya, dia tak perlu lagi bingung membuang kotoran kambing atau material limbah lainya dan tinggal dimanfaatkan secara terus menerus.

“Saya baru sebulan mencoba memproduksi biogas ini, syukur kompor saya sudah bisa tersambung dengan biogas dan bisa menyala,” katanya.

“Karena ini energi terbarukan, jadi selain ramah lingkungan, selama kambing saya menghasilkan kotoran hewan (Kohe) kompor milik saya tetap bisa menyala,” imbuh, Mastur.

Meskipun tidak lagi muda, Mastur dengan umurnya yang sudah menginjak 78 tahun, dengan tubuhnya yang masih sehat, setiap hari masih produktif membuat biogas.

Lebih detail dirinya mengungkapkan, komponen-komponen alat biogas dikediamannya tersebut di Support oleh Emvitrust Indonesia dengan dibuatkan Rektor, mixer, inlet, pipa gas dan komponen-komponen lainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Lokasi Pembuatan Biogas

Dan tahapan untuk membuat biogas sendiri, pada awalnya Mastur, memasukan Kohe sapi sebanyak 800kg dengan tambahkan air dengan perbandingan 1:1, kemudian kohe akan masuk tabung mixer, setelah dilakukan pencampuran, Kohe tersebut mengalir masuk kedalam tabung hampa udara atau reaktor dan ditunggu hingga menghasilkan gas.

“Setiap hari selalu diisi 25kg kohe kambing saya dan bisa mebuat kompor menyala 1 hingga 2 jam,” tandasnya.

Sementara itu, Supervisor dan Product Marketing Emvitrust Indonesia, Agustin Nurul, menjelaskan, di Banyuwangi sendiri sudah terdapat 20 tempat yang sudah berdaya membuat biogas termasuk milik Mastur.

“Semoga dengan adanya contoh seperti pak Mastur dan 19 orang lainya, bisa membawa dampak dan contoh positif dan menjadikan Banyuwangi sebagai Kabupaten ramah lingkungan dan bebas limbah, lebih-lebih tak bingung soal gas LGP” cetusnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini