Sukses

1.391 Jiwa Terdampak Kekeringan di Situbondo, BPBD Jatim Guyur Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, yang menjadi langganan kekeringan.

 

Liputan6.com, Situbondo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, yang menjadi langganan kekeringan.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyatakan, dari assessment yang dilakukan, kekeringan yang melanda warga yang bermukim di ketinggian ini memang selalu terjadi setiap datangnya musim kemarau.

"Untuk tahun ini, sedikitnya, 937 KK atau sekitar 1.391 jiwa yang terdampak kekeringan tahun ini. Jumlah itu tersebar di beberapa titik di Dusun Sokaan Utara, mulai Wilayah Barat, Tengah dan Selatan," ujar Gatot, Rabu (2/8/2023).

Gatot mengungkapkan, droping air bersih di Desa Gunung Putri dilakukan dua kali dengan dua lokasi berbeda.

Selama Juli lalu, BPBD Jatim berkolaborasi dengan BPBD Situbondo telah melakukan droping air bersih secara rutin di empat desa yang tersebar di empat kecamatan.

"Yakni Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh, Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan, Desa Jatisari Kecamatan Arjasa dan Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih," ucap Gatot.

"Untuk Agustus ini, rencananya akan ditambah sasarannya yakni Desa Plalangan Kecamatan Sumber Malang," imbuh Gatot.

Selain itu, Gatot juga menyampaikan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Situbondo dan Kades Gunung Putri yang aktif memberikan laporan tentang update kondisi kekeringan di wilayahnya.

"Dengan bantuan air bersih ini, semoga warga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan keseharian," harapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ringankan Beban Warga

Kabid PK BPBD Situbondo Gatot Trikorawan juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jatim dan Kalaksa BPBD Jatim atas kerjasama dan atensinya dalam penanganan bencana kekeringan di wilayah Situbondo.

"Dengan kerja sama ini akhirnya kita bisa melakukan intervensi kepada warga Desa Gunung Putri dengan membantu air bersih," ujarnya.

Mewakili segenap warganya, Kades Gunung Putri, Titin Murtiah menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diterima warganya.

"Dengan bantuan ini, setidaknya beban masyarakat untuk kebutuhan air bersih bisa sedikit berkurang," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.