Sukses

Terus Dikebut, Pembersihan Material Banjir Lahar Dingin Semeru Difokuskan di Pasirian Lumajang

Proses pembersihan material banjir lahar dingin Gunung Semeru, terus dikebut. Dihari ke 5 pasca banjir lahar dingin tersebut, petugas memfokuskan pembersihan material lumpur di Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Lumajang.

Liputan6.com, Lumajang - Proses pembersihan material banjir lahar dingin Gunung Semeru terus dikebut. Dihari kelima pasca banjir lahar dingin tersebut, petugas memfokuskan pembersihan material lumpur di Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Lumajang.

Sejumlah perangkat Daerah Kabupaten Lumajang, dibantu TNI- Polri dan BPBD Lumajang, masih terus melakukan pembersihan.

Selain di rumah warga, pembersihan material lumpur, banjir laharan dingin juga dilakukan di sejumlah fasilitas Pendidikan, rumah ibadah dan fasilitas umum lainya, Kegiatan bersih metarial lumpur tersebut melibatkan alat berat dan armada truk tangki untuk mempermudah pembersihan.

“Pengerukan cedimen lumpur sedang terus dilaksanan di SD Nguter Kaliputih,” ujar Kabid Pemeliharaan dan peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Gunawan Eko Prihantino, Rabu (12/7/2023).

Meterial sisa banjir berupa tanah lumpur masih menumpuk di beberapa titi di Desa Nguter. Kegiatan bersih- bersih yang melibatkan ratusan orang itu akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, akibat banjir lahar dingin tersebut, sebanyak 18 infrastuktur dan beberapa fasilitas umum di sejumlah wilayah rusak berat.

“Tercatat ada 18 infrastuktur dan fasilitas umum mengalami kerusakan berat akibat bencana alam Banjir Lahar Dingin Semeru dan tanah longsor,” kata Cak Thoriq, sapaan akrabnya.

Banjir lahar dingin dan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro Lumajang pada Jumat (7/7/2023)  menyebabkan sejumlah  bangunan dan jembatan rusak. Data dari BPBD Jatim, ada lima jembatan yang terputus akibat banjir lahar dingin dan longsor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Jembatan Rusak

Lima Jembatan yang rusak itu, diantarnya Jembatan Penghubung Desa Kloposawit Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro. Kemudian Jembatan Penghubung Lumajang- Malang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo.

Selanjutnya di Jembatan Kali Regoyo, Penghubung Desa Jogosari dengan Dusun Kebondeli Selatan. Jembatan pengubung Desa Tumpeng dan Desa Nguter dan Jembatan Kalibaru Pronojiwo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.