Sukses

6 Momen Epik dari Laga Timnas Indonesia Vs Argentina, dari Jan Ethes hingga Asnawi Sliding Garnacho

Pertandingan FIFA Macthday antara Timnas Indonesia melawan Argentina menyisahkan deretan momen epik. Pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Tim Tango 2-0 tersebut memberikan kesan mendalam bagi penggemar sepak bola Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan FIFA Macthday antara Timnas Indonesia melawan Argentina menyisahkan deretan momen epik. Pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Tim Tango 2-0 tersebut memberikan kesan mendalam bagi penggemar bola Indonesia.

Berikut 6 rangkuman momen-momen epik yang dirangkum Liputan6.com dari pertandingan Indonesia Vs Argentina di Gelora Bung Karno Senayan, Senin 19 Juni 2023: 

1. Jokowi Ikut Menonton

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung laga timnas Indonesia vs timnas Argentina di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Senin (19/6/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu didampingi Ibu Negara Iriana dan juga cucu kesayangan, Jan Ethes. Selain ada juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menhan Prabowo dan Menpora Dhito ikut mendampingi.

2. Jan Ethes Dampingi Kiper Argentina Masuk ke Lapangan

Jan Ethes menjadi player escort atau maskot anak dalam duel Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam WIB. Cucu Presiden Joko Widodo tersebut menggunakan jersey warna biru dan menggandeng kiper Argentina Emiliano Martinez.

Laga Indonesia melawan Argentina disaksikan langsung Presiden Jokowi yang ditemani ibu negara Iriana serta Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Sekadar informasi, anak kecil disertakan saat pembukaan pertandingan sepak sebagai lambang fair play. Tugas mereka adalah menemani para pesepak bola ketika memasuki lapangan sampai menyanyikan lagu kebangsaan tim.

3. Aksi Penyelamatan Gemilang Elkan Baggott di Menit 18

Elkan Baggott melakukan penyelamatan yang ajaib saat pada pertengahan babak pertama pertandingan, tepatnya pada menit 18. 

Saat itu, situasinya Pemain Timnas Argentina sudah berhasil melewati kiper Indonesia. dalam duel one on one. Pemain Argentina kemudian melepas sepakan mendatar ke gawang yang sudah kosong melompong. Namun Elkan Baggott datang dari belakang menyapu bola menjauh dari garis gawang yang tinggal 'sejengkal' menjadi gol.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Arhan Ngelap Bola hingga Asnawi Sliding Garnacho

4. Pratama Arhan Ngelap Bola Ga Kelar-Kelar

Pratama Arhan memiliki andil besar terhadap performa gemilang Timnas Indonesia. Bek kiri berusia 21 tahun itu mampu merepotkan Argentina walaupun baru masuk di babak kedua. Salah satu media Argentina lantas menyebut Arhan sebagai pemain paling berbahaya dari kubu Timnas Indonesia.

“Sang bek merupakan pemain paling berbahaya yang mengancam gawang timnas (Argentina) dengan keahlian khusus lemparan ke dalam,” sambungnya kemudian.

Lebih lanjut, media tersebut menyoroti kebiasaan Arhan mengelap bola dengan handuk kering sebelum dia melakukan lemparan ke dalam jauh. Mereka menilai skema serangan tersebut adalah salah satu cara yang digunakan Timnas Indonesia untuk menjebol gawang Argentina.

“Pratama Arhan, pemain Indonesia yang mengeksekusi lemparan jarak jauh dan menyulitkan Argentina,” bunyi pernyataan dari La Nacion, Selasa (20/6/2023).

5. Gelombang Ombak Suporter di Stadion GBK Senayan

Gelombang ombak dilakukan para penonton pertandingan Indonesia Vs Argentina sepanjang pertandingan berlangsung.

Bahkan Presiden Jokowi terlihat ikut melakukan gerakan menyerupai ombak yang diinisiasi para fans Timnas Indonesia di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

 Tercatat, koreografi "ombak manusia" itu terus menerus diperagakan suporter Garuda. Presiden Jokowi, seperti pantauan Suara.com di lokasi, tercatat melakukan tiga kali gerakan ombak.

6. Asnawi Sliding Garnacho

Walau Indonesia harus kalah 2-0 dari Argentina, nyatanya penampilan Asnawi vs Garnacho banjir pujian dari warganet. Sampai-sampai, nama bek kiri berusia 23 tahun itu menjadi trending topic di media sosial, khususnya Twitter.

Banyak warganet yang mengapresiasi penampilan Asnawi yang disiplin, gigih, dan berani melawan pemain Argentina, khususnya ketika dirinya mampu meredam serangan Garnacho.

Hingga berita ini ditulis, nama Asnawi masih bertengger di nomor dua trending topic dengan jumlah cuitan mencapai lebih dari 66 ribu.

Selain itu, keyword terkait laga Argentina vs Indonesia yang berlangsung pada hari Senin 19 Juni 2023 semalam, seperti #TimnasDay pun ikut trending topic.

Berikut ini adalah beberapa cuitan berisi pujian tentang penampilan Asnawi saat menjaga ketat Alejandro Garnacho.

"Padahal Messi udah briefing, hati2 sama Asnawi, gak percaya sih Garnacho," bunyi cuitan @Y****.

"Asnawi aset bangsa, Garnacho sampe emosi boss," tulis akun @G**** di platform media sosial tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.