Sukses

Nyaris Bobol Gawang Argentina, Elkan Baggot: Terima Kasih Suporter Indonesia, Dukungannya Luar Biasa

Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott nyaris membobol gawang Argentina yang dikawal oleh kiper terbaik Piala Dunia 2022 Emiliano Martinez.

Liputan6.com, Jakarta Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott nyaris membobol gawang Argentina yang dikawal oleh kiper terbaik Piala Dunia 2022 Emiliano Martinez.

Momen itu terjadi pada awal babak kedua. Elkan Baggott meneruskan bola lemparan ke dalam dari Pratama Arhan dengan kepalanya. Namun, peluang tersebut gagal menjadi gol setelah digagalkan Martinez sambil menjatuhkan badan.

Pemain yang pertama kali bermain secara resmi bersama Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu mengatakan hanya berusaha menyundul bola yang mengarah kepadanya.

"Dan itu menjadi shot on target. Saya mendapat support dari Pratama Arhan. Saya hanya mencoba untuk mendapatkan kontak (dengan bola)," kata Elkan Baggott.

Selain lewat sundulan Baggott, Emiliano Martinez sempat dikejutkan oleh sambaran Ivar Jenner di akhir babak pertama. Sayangnya, bola masih dapat dihalau oleh kiper Aston Villa tersebut.

"Tentu sangat senang dapat bermain melawan Argentina tadi. Meski hasil belum berpihak kepada Indonesia, kami telah berjuang. Terima kasih kepada suporter Timnas Indonesia yang memberikan dukungan luar biasa dan memenuhi stadion," tambahnya. 

Laga Timnas Indonesia Vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (20/6) berakhir dengan skor 0-2 untuk juara Piala Dunia 2022 tersebut. Dua gol La Albiceleste diciptakan oleh Leandro Paredes pada menit 38 dan Cristian Romero di menit ke-55.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Besar Timnas Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai Timnas Indonesia mampu mengimbangi Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Senin 19 Juni 2023 malam. Dalam laga ini, Indonesia kalah 0-2 dari Argentina.

Jokowi mengakui bahwa Timnas Indonesia sempat grogi diawal-awal pertandingan melawan Argentina. Namun, kata dia, Indonesia mampu bermain luar biasa dan mengimbangi permainan Argentina.

"Ini sebagai pengalaman besar bagi para pemain karena kita lihat di awal-awal tadi agak nerveous, grogi mentalnya masih. Tapi di babak kedua luar biasa, bisa mengimbangi," jelas Jokowi usai menonton pertandingan di Stadion Utama GBK, Senin malam.

Dia mengatakan pertandingan melawan Argentina sebagai pengalaman dan evaluasi bagi timnas Indonesia. Jokowi mengingatkan Indonesia berada di peringkat 149 FIFA, sedangkan Argentina urutan pertama.

"Tapi bisa mengimbangi, meskipun kita kebobolan dua, saya lihat bisa mengimbangi, dan saya kira kita harapkan awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia," ujarnya.

Jokowi pun memuji pemain timnas Indonesia. Menurut dia, pemain Indonesia sudah bekerja keras dan bermain luar biasa.

"Sangat bagus, saya kira kerja keras pemain-pemain kita ini luar biasa," ucap Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, menyampaikan dua hal utama yang ingin diangkat dari laga FIFA Matchday antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal pertama, dengan adanya pertandingan tersebut, dunia diharapkan melihat sepak bola Indonesia bangun dari tidur.

"Nomor satu, bagaimana dunia melihat sepak bola kita bangun dari tidur dan ini membuktikan dengan tim juara dunia mau hadir ke Indonesia," ujar Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno sesaat sebelum pertandingan dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.