Sukses

Teliti Tentukan Ukuran Bra, Dampaknya Bisa Sakit Kepala hingga Payudara Kendor Jika Salah Pilih

Ternyata mayoritas wanita selama ini memilih ukuran bra yang salah. Studi tentang hal ini telah dilakukan oleh peneliti dari Biomechanics Research Laboratory, School of Health Sciences University of Wollongong, New South Wales, Australia pada tahun 2010.

Liputan6.com, Banyuwangi Ternyata mayoritas wanita selama ini memilih ukuran bra yang salah. Studi tentang hal ini telah dilakukan oleh peneliti dari Biomechanics Research Laboratory, School of Health Sciences University of Wollongong, New South Wales, Australia pada 2010.

Hasil dari studi  tersebut yang dipublikasikan dalam Journal of Science and Medicine in Sport ini menyebutkan bahwa sekitar 85 persen Wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah atau tidak pas.

Mungkin terdengar sangat sepele, namun sebenarnya penggunaan bra tidak boleh sembarangan alias harus sesuai ukuran lingkar dan cup payudara lho. Hal ini dilakukan agar penggunaan bra bisa mengangkat payudara dan memperbaiki postur tubuh. Sebab jika tidak, penggunaan bra justru akan berdampak buruk.

Mengutip dari Hellodoc ukuran bra yang pas seharusnya tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar, sehingga bra akan tetap pada tempatnya saat anda bergerak.

Tanda pakai ukuran bra yang salah terlihat pada tali bra meninggalkan bekas, bra Bergeser saat anda bergerak, kawat bra terasa menusuk payudara, ada jarak di antara kedua payudara dan bra yang digunakan tidak terasa nyaman.

Jika anda merasakan salah satu atau beberapa tanda di atas, bisa jadi anda menggunakan ukuran bra yang salah. Apa saja dampak buruk untuk tubuh jika salah ukuran bra? Ini beberapa di antarnya:

1. Sakit Kepala

Bra yang kurang pas dapat menyebabkan kurangnya dukungan pada belahan dada. Akibatnya otot leher dan punggung atas harus bekerja lebih keras untuk menopang payudara. Kondisi inilah yang bisa memicu munculnya rasa sakit kepala belakang.

2. Muncul Rasa Nyeri

Bra yang terlalu ketat akan menekan otot- otot tubuh. Misalkan otot trapezius yang menghubungkan bahu dan leher. Adanya tekanan terus -menerus pada otot ini menyebabkan nyeri pada bahu dan leher. Tekanan pada otot dada juga bisa menyebabkan masalah pada peredaran darah, sehingga bisa memicu nyeri pada dada. Tekanan pada tulang rusuk akibat bra yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan nyeri pada punggung.

3. Payudara Kendur

Ukuran bra yang salah bisa membuat payudara kendur. Ini karena menggunakan ukuran bra yang terlalu ketat atau terlalu longgar akan membuat jaringan pengikat sendi tertarik. Akibatnya payudara akan semakin kendur karena tidak mendapatkan perlindungan dan dukungan yang pas.

4. Ruam Pada Payudara

Penggunaan bra yang terlalu ketat dapat melukai kulit sekitar payudara, salah satunya menimbulkan penebalan dan pengelupasan kulit yang disertai rasa gatal dan kemerahan.

Itu 4 dampak buruk bagi tubuh jika anda salah memilih ukuran bra. Jika anda mengalami ruam, gatal, atau gejala lainya karena salah pilih bra, anda juga bisa berdiskusi dengan dokter atau  ahli kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menentukan Ukuran Bra yang Pas

Jika salah memilih ukuran bra ternyata berbahaya bagi kesehatan, lalu bagaimana cara memilih ukuran bra yang tepat? Ukuran bra terdiri dari dua bagian yaitu lingkar payudara dan cup.  Keduanya diukur dengan cara yang berbeda diantranya:

1. Lingkar Dada Payudara

Untuk menentukan bagian lingkar payudara, anda perlu mengukur sekeliling lingkar bagian bawah payudara (Under bust). Jika hasil ukur ganjil, anda perlu menambah 5 inch. Sedangkan jika hasil ukur genap, anda perlu menambah 4 inch.

Misalkan hasil ukur anda 30 inch maka, anda perlu menambahkan 4 inch sehingga anda bisa memilih bra dengan ukuran 34.

2. Cup Payudara

Untuk menentukan bagian cup payudara, anda perlu menghitung lingkar dada yang berada di sekeliling titik tertinggi payudara (top bust). Jika ukuran lingkar dada pertama dan kedua tidak ada selisihnya, itu berarti ukuran cup payudara anda adalah A, Namun jika ada selisihnya, setiap selisih 1 inch, ukuran cup payudara anda akan bertambah satu size dari A, B, C,D, E dan seterusnya.

Misal, jika lingkar dada pertama anda 34inch dan kedua 35 Inch. Karena ada selisih 1 Inch, itu berarti cup payudara anda adalah B. Jadi anda bisa memilih bra dengan ukuran 34 B.

Jika anda mengukurnya dengan hitungan centimeter, anda perlu membagi kurang lebih hasil ukuran anda. Karena 1 Inch setara dengan 2-3 centimeter. Jadi misalnya hasil ukur lingkar dada anda 63 centimeter, itu berarti dalam hitungan inch lingkar dada anda 30 Inch

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.