Sukses

Ogah Kalah dengan Gibran, Sumsel Siap Gantikan Bali Jadi Lokasi Drawing Piala Dunia U-20

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menawarkan diri sebagai lokasi pengundian atau drawing Piala Dunia U-20, menggantikan Provinsi Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tidak mau kalah dengan Solo, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menawarkan diri sebagai lokasi pengundian atau drawing Piala Dunia U-20, menggantikan Provinsi Bali.

"Kami Pemerintah Provinsi Sumsel menawarkan diri sanggup jadi pengganti lokasi drawing Piala Dunia U-20," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa 28 Maret 2023 dikutip dari Antara.

Sumsel bukan hanya siap untuk menjadi tempat pengundian tapi juga sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni.

Herman meyakini gelaran olahraga tersebut masih akan berlangsung di Tanah Air. Keyakinannya itu didasarkan atas persiapan yang terus dilakukan termasuk tim dari dari FIFA saat memeriksa Stadion I Wayan Dipta, Bali, Senin (26/3/2023).

"Atas kesiapan itu harapan kami pastinya supaya Piala Dunia U-20 tetap berlangsung di Indonesia sehingga bisa menstimulasi dan mengakselerasi agar ekonomi kita cepat pulih. Apapun itu kita menunggu keputusan FIFA," kata Herman Deru.

FIFA memulai proses inspeksi terakhir terhadap stadion-stadion di Indonesia selama enam hari berturut-turut mulai 22 Maret hingga 27 Maret.

Terdapat 18 perwakilan FIFA dari berbagai departemen seperti kompetisi, keselamatan, keamanan, media, dan departemen-departemen pendukung jalannya pertandingan lainnya, yang datang dan memulai melakukan inspeksi menyeluruh ke enam kota tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

Keenam stadion itu yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan rapor baik atas kesiapan Provinsi Sumsel untuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersaing dengan Solo

 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku siap jika Solo menggantikan Bali sebagai tempat drawing Piala Dunia U-20. 

"Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap," ujar Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, Senin (27/3/2023).

Enam+01:49VIDEO: Pengguna Media Sosial Kagumi Azan Unik Pria Diduga Penduduk Hawaii Meski begitu, Gibran mengaku masih menunggu keputusan resmi Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait kelanjutan.

"Saya tunggu saja berita resminya seperti apa dari FIFA dan PSSI. Yang saya tahu hanya pembatalan 'drawing', di Bali itu," kata dia.

Gibran mengatakan Stadion Manahan Solo dan empat lapangan pendukung sudah siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Bahkan rencananya, pekan depan akan didatangkan mesin untuk menjahit rumput di lapangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.