Sukses

Harga Ayam Potong di Jember Turun Rp 1.000 Perkilogram, Warga Diimbau Tidak Borong

Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember turun pada awal bulan Ramadhan. Seperti di pasar Tanjung Jember harga daging ayam ras turun dari Rp 31 ribu menjadi Rp 30 ribu. Kondisi yang sama juga terjadi di pasar tradisional Mangli.

Liputan6.com, Jember - Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember turun pada awal bulan Ramadhan. Seperti di pasar Tanjung Jember harga daging ayam ras turun dari Rp 31 ribu menjadi Rp 30 ribu. Kondisi yang sama juga terjadi di pasar tradisional Mangli.

“Hasil pantauan kami hari ini harga daging ayam yang mengalami penurunan yaitu turun Rp1.000 per kilogramnya. Di sejumlah pasar harganya sama turun Rp1.000 per kilogramnya,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro, Jumat (24/3/2023).

Sebelumnya, kata Bambang harga daging ayam ras naik cukup drastis menjelang bulan Ramadhan. Dari Rp26 ribu naik menjadi Rp31 ribu per kilogramnya. Bahkan pedagang juga sempat ada yang menjual Rp 32 ribu per kilogramnya.

Sementara itu, untuk harga kebutuhan pokok lainya mulai relatif stabil. Seperti harga telur di kisaran Rp 28 ribu per kiliogramnya.

”Naiknya harga komuditas ayam jelang Ramadhan kemarin mungkin karena di pengaruhi permintaan yang tinggi ya. Karena banyak masyarakat yang menggelar selamatan di kampung- kampung. Tapi sekarang Alhamdulillah harganya sudah turun dan relatif stabil,”paparnyta.

Salah satu pedagang di pasar Mangli Fatima membenarkan harga daging ayam turun di awal bulan puasa ini. Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun kemarin, harga daging ayam akan naik kembali sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Mungkin karena permintaan yang cukup tinggi juga,” tutur Fatima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Diimbau Tidak Borong Sembako

Masyarakat Jember diimbau tidak memborong bahan pokok secara berlebihan. Sebab stok pangan atau kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan ini dipastikan mencukupi hingga Hari Raya Idul Fitri nanti.

"Kita juga selama Ramadhan ini juga menggelar operasi pasar dan pasar murah di sejumlah titik di Kabupaten Jember,”pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.