Sukses

Hendak Tangkap Ikan Mabuk, 26 Pemancing di Tulungagung Malah Terjebak Pusaran Sungai Brantas

Sebanyak 26 orang pencari ikan yang sebelumnya terjebak di delta sungai Brantas, Desa Sambirobyong Tulungagung, berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 26 orang pencari ikan yang sebelumnya terjebak di delta sungai Brantas, Desa Sambirobyong Tulungagung, berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

“Proses evakuasi para pemancing ikan ini dilakukan tim SAR gabungan secara bertahap, dengan menggunakan tiga set perahu karet yang dilengkapi mesin Motor Tempel,” kata Yoni Fariza selaku Koordinator Pos SAR Trenggalek, Selasa (7/3/2023).

26 orang pencari ikan yang membentuk beberapa kelompok ini dievakuasi tim SAR gabungan dari sekitar enam delta yang ada di daerah aliran sungai Brantas, yang melintas di wilayah desa Sambirobyong.

“Saat pertama kali ditemukan tim SAR gabungan, rata-rata para pencari ikan ini terlihat cemas, takut dan bahkan ada diantara mereka yang menangis. Tapi setelah berhasil dievakuasi ke tepi sungai dan bertemu dengan keluarganya, kondisi mereka kembali tenang,” ungkap Yoni.

Proses evakuasi 26 orang pencari ikan ini berlangsung sekitar 6 jam, dimulai pukul 21.30 WIB hingga selesai sekitar pukul 02.00 WIB.

Sejumlah kendala dihadapi oleh tim SAR gabungan saat melakukan proses evakuasi. Selain kondisi derasnya aliran sungai Brantas dan minimnya penerangan di malam hari, proses awal evakuasi juga sempat terkendala sulitnya tim SAR gabungan saat akan menurunkan –perahu-perahu karet.

“Kesulitan saat akan menurunkan perahu karet dikarenakan kondisi tepi sungai yang tinggi dan banyak ditumbuhi tanaman rtumput gajah, serta masih banyaknya orang yang mencari ikan di tepi sungai,” jelas Yoni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nekat Menyeberang

Sejumlah pihak bekerjasama dalam evakuasi para pencari ikan ini, diantaranya tim operasi Pos SAR Trenggalek, Polres Tulungagung, Polsek Sumbergempol, Koramil Sumbergempol, BPBD Tulungagung, Resob, PMI, warga sekitar dan Aparat Pemdes di sepanjang DAS Brantas.

Menurut keterangan saksi mata di lokasi, kejadian terjebaknya 26 orang tersebut, berawal saat mereka nekat menyeberang dari tepi sungai ke beberapa delta yang ada di tengah sungai Brantas, pada Senin (6/3/2023) sore.

Maksud mereka menyeberang ke delta ini adalah untuk menunggu ikan-ikan sungai yang mabuk akibat proses flushing waduk di hulu sungai Brantas. Namun nahas, seiring dengan datangnya ikan-ikan mabuk ini, debit air sungai Brantas pun bertambah dan semakin deras. Mereka pun akhirnya terjebak tidak bisa kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.