Sukses

Bakal Diguyurkan Jelang Ramadan 2023, Begini Cara Cek Bansos Kemensos

Pemerintah bakal mengguyurkan bantuan sosial menjelang Ramadan 2023. Bansos berupa komoditas pangan seperti beras, telur, dan ayam. Bansos akan disalurkan selama tiga bulan, yakni pada Maret, April, dan Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah bakal mengguyurkan bantuan sosial atau bansos menjelang Ramadan 2023. Bansos berupa komoditas pangan seperti beras, telur, dan ayam. Bansos akan disalurkan selama tiga bulan, yakni pada Maret, April, dan Mei 2023. 

Rencananya, bansos pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). 

Untuk bisa mendapatkan bansos tentunya harus mendaftar terlebih dahulu di Kementerian Sosial. Jika sudah mendaftar barulah bisa dicek untuk memastikan data benar dan berhak mendapatkan bansos.

 

Ada dua pilihan untuk bisa mengecek bansos Kemensos, yakni melalui aplikasi mobile dan website.

Berikut caranya mengeceknya:

Via Aplikasi:

  1. Siapkan dokumen yang berisikan KK dan juga KTP.
  2. Masuk pada aplikasi Cek Bansos melalui ponsel yang kamu miliki.
  3. Registrasi menggunakan foto KTP dan swafoto bersama KTP.
  4. Lanjut dengan masukan kode OTP yang sudah dikirim dari email kamu terlebih dahulu.
  5. Masuk ke aplikasinya. Klik cek bansos, kalau ada pasti kamu bisa temukan nama kamu pada datanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Via Website Kemensos.go.id

Jika tidak ingin memiliki aplikasi Cek Bansos Kemensos ini, kamu bisa menggunakan website untuk mencari datanya ya. Data yang kamu miliki untuk melakukan pengecekan ini akan sangat mudah dilakukan ya.

Kamu hanya perlu membuka salah satu aplikasi browser yang ada di dalam perangkat kamu. Setelah itu kamu bisa langsung mengikuti beberapa langkah yang tersedia dibawah sini.

Kamu bisa menyiapkan dokumen yang berisikan KK dan juga KTP.Langsung kamu bisa masuk pada cekbansos.kemensos.go.id melalui ponsel yang kamu miliki.

Kamu bisa memilih lokasi tempat tinggal yang kamu miliki.Lanjut dengan masukan nama asli terlebih dahulu.Setelah itu kamu bisa masukan kode captcha yang sudah tersedia.Dan tinggal kamu klik cari data, kalau ada pasti kamu bisa temukan nama kamu pada data Cek Bansos Kemensos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.