Sukses

3 Fakta Zainudin Amali Mundur dari Menpora dan Pilih Fokus Jadi Wakil Ketua Umum PSSI

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjadi sorotan publik usai menyatakan mundur dari jabatannnya dan memilih fokus menjadi wakil ketua umum PSSI pimpinan Erick Thohir.

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjadi sorotan publik usai menyatakan mundur dari jabatannnya dan memilih fokus menjadi wakil ketua umum PSSI pimpinan Erick Thohir.

Zainudin mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait keputusannya mundur sebagai Menpora tersebut. Dia mengaku  Jokowi mempersilakan dirinya mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha, untuk mengurus sepak bola di Indonesia.

Berikut 3 fakta terkait Mundurnya Zainudin Amali:

1. Belum Ajukan Pengunduran Resmi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dia belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Hal itu, kata Jokowi, akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara resmi. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," ujar Jokowi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Golkar Tunggu Arahan Presiden soal Pengganti

 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Adapun Amali ingin lebih fokus mengurus sepak bola, usia terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Kita tunggu arahan Bapak Presiden (soal nama pengganti Menpora)," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023).

Zainudin Amali sendiri sudah mengutarakan keinginannya tersebut kepada Presiden Jokowi. Airlangga sendiri belum berbicara lagi dengan Zainudin Amali, setelah Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar itu bertemu Jokowi.

"Saya sesudah Pak Amali pulang dari presiden, belum bertemu," ujarnya.

Kendati begitu, dia menyerahkan sepenuhnya soal pergantian Menpora kepada Jokowi. Pasalnya, pergantian menteri merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Hak prerogatif Pak Presiden," ucap Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

3. Nama Mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany Muncul

 

Mantan Wakil Kota Tangsel Airin Rachmi Diany hingga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily juga muncul.

Terkait siapa yang akan berpotensi menduduki kursi Menpora, Ace yang juga Ketua DPP Golkar itu mengaku belum mengetahuinya. “Aku enggak tahu,” jawabnya saat dihubungi, Rabu (22/2/2023).

Ace juga mengaku belum mendengar kabar nama Airin dan dirinya masuk ke bursa calon Menpora. “Kata siapa?,” tanya dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Golkar Hetifah Sjaifudian menyatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada Presiden Joko Widodo. Ia enggan menyebutkan nama siapa saja kader Golkar yang masuk bursa calon Menpora

“Kita serahkan pada Presiden semoga yg terbaik. Harapan komisi X sih tentunya yang bisa melanjutkan program kegiatan dan hal positif yang sudah dirintis Pak ZA dan jajaran Kemenpora,” kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.