Sukses

KM Lautan Papua Indah Terbakar di Perairan Paiton Probolinggo, 25 ABK Selamat

 

Liputan6.com, Probolinggo - Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah (LPI) terbakar di wilayah perairan Terminal Khusus Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Dirmanto mengatakan, petugas dari Ditpolair Polda Jatim dan TNI Angkatan Laut juga turut membantu korban.

“Untuk ABK 25 orang selamat dan sekarang dievakuasi di Pelabuhan Perikanan Probolinggo,” ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Selasa (12/7/2022).

Sementara itu, informasi dari Basarnas Surabaya menyebutkan, peristiwa itu bermula ketika KM LPI milik PT Wogikel Papua Jaya berangkat dari terminal khusus Paiton, Kabupaten Probolinggo, sekira pukul 10.45 WIB untuk berlayar mencari ikan ke Laut Aru, Laut Arafuru dan Laut Timor bagian timur.

Total penumpang di kapan nahas itu sebanyak 25 orang, terdiri dari 19 anak buah kapal (ABK) KM LPI dan enam ABK titipan. Begitu berlayar, sekira pukul 14.45 WIB kapal kebakaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tim SAR Turun

Berdasarkan video yang beredar, api berkobar sangat besar menjilati badan kapal. Asap pun membubung tinggi.

Beruntung, pertolongan datang tak lama kemudian. Sejumlah nelayan yang menumpangi sedikitnya empat kapal jenis tugboat mendekat dan menolong para korban. Tim gabungan dari SAR juga turun tangan membantu mengevakuasi korban dan memadamkan api.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS