Sukses

Tjahjo Kumolo Wafat Hari Jumat, Khofifah: Penanda Kebaikan

Khofifah mengungkapkan, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat tadi pagi dan itu menjadi penanda kebaikannya.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa turut berduka atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Atas nama Pemprov Jawa Timur dan masyarakat Jawa Timur menyampaikan innalillahi wa inna ilaihi rajiun, mudah-mudahan seluruh amal ibadah beliau diterima oleh Allah dan khilafnya diampuni oleh Allah dan mudah-mudahan beliau dipanggil dalam keadaan husnul khatimah," ujar Khofifah, Jumat (1/7/2022).

Khofifah mengungkapkan, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat tadi pagi dan itu menjadi penanda kebaikannya.

"Dipanggil (Meninggal) Jumat pagi dan itu Insya Allah menjadi penanda kebaikan beliau yang sudah ditanam semasa beliau hidup di sangat banyak lini," ucapnya.

Khofifah mengaku dirinya berkawan dengan Tjahjo Kumolo sejak menjadi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan kemudian sama-sama di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Beliau (Tjahjo Kumolo) Menteri Dalam Negeri, saya Menteri Sosial, kemudian beliau bersambung dengan posisi sebagai Menpan RB," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Egaliter

Menurut Khofifah, kunjungan kerja Tjahjo Kumolo selalu dilaksanakan dan dia selalu menyampaikan tidak perlu menunggunya.

"Itu artinya, beliau memberikan satu egalitarianisme bagi kami yang ada di daerah, itu luar biasa," ucapnya.

Khofifah menyebut, sosok Tjahjo Kumolo tidak hanya sekedar demokrat sejati tetapi beliau juga memberikan kesetaraan perlakuan bagi sangat banyak masyarakat.

"Pada saat beliau (Tjahjo Kumolo) jadi Mendagri, yang beliau sampaikan adalah unregister people, jangan sampai ada masyarakat yang tidak terregistrasi sehingga program-program perlindungan sosial tidak bisa diakses. Jadi, hatinya beliau pada perlakukan kesetaraan warga bangsa itu sangat kuat sekali," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.