Sukses

Gunung Semeru Erupsi, Polda Jatim Terjunkan Ratusan Personel ke Lumajang

Personel Polsek Candipuro Lumajang mengevakuasi warga di sekitar semburan Awan Panas Guguran (APG) menuju tempat pengungsi di Polsek maupun kantor kecamatan setempat.

Liputan6.com, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyampaikan, pihaknya menerjunkan ratusan personel ke Lumajang terkait erupsi Gunung Semeru.

"Satu SSK Satbrimobda Jatim (100 personel) dan satu SSK Samapta Polda Jatim kami BKO kan ke Polres Lumajang," tuturnya kepada Liputan6.com, Sabtu (4/12/2021).

Gatot mengatakan, personel Polsek Candipuro Lumajang mengevakuasi warga di sekitar semburan Awan Panas Guguran (APG) menuju tempat pengungsi di Polsek maupun kantor kecamatan setempat.

"Perkembangan erupsi Gunung Semeru, akan kami laporkan selanjutnya," kata Kombes Gatot di Surabaya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Getaran Banjir

Gatot juga menuturkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, kejadian erupsi Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 14.49 WIB. Akibat peristiwa itu, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya informasi getaran banjir Pukul 14:47 WIB, mengarah ke Curah Kobokan. 

"Pukul 14.54 wib, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya Awan Panas Guguran (APG) yang turun mengarah Curah Kobokan. Situasi saat ini di kawasan Curah Kobokan hujan deras," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.