Sukses

Hati-Hati, Pohon Berpotensi Tumbang di Banyuwangi pada Musim Pancaroba

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi meminta masyarakat berhati-hati dan mewaspadai potensi pohon tumbang pada musim pancaroba saat ini.

Liputan6.com, Surabaya- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi meminta masyarakat berhati-hati dan mewaspadai potensi pohon tumbang pada musim pancaroba saat ini. Peralihan musim kemarau ke penghujan di Banyuwangi pada Oktober 2021 berpotensi memunculkan angin kencang seperti putting beliung.

Tidak hanya itu, intensi hujan tinggi pada Desember sampai Januari ini juga bisa mengakibatkan debit air 35 sungai di Banyuwangi meningkat.

“Potensi pohon tumbang ada karena banyak pohon besar yang sudah tua di Banyuwangi,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan BPBD Banyuwangi, Yusuf Arif, seperti yang dikutip dari TIMES Indonesia, Sabtu (25/9/2021).

Ia mengimbau masyarakat yang sedang melakukan perjalanan untuk berhenti sejenak jika ada cuaca ekstrem.

Sementara, dari data buku katalog desa rawan banjir kelas tinggi dan sedang terbitan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2019, sedikitnya 182 desa di Banyuwangi berpotensi mengalami bencana alam banjir.

Ia juga menyiapkan mitigasi bencana sebagai upaya menyelamatkan masyarakat di  Banyuwangi. Yusuf berharap masyarakat tidak termakan isu maupun informasi yang beredar tanpa adanya dasar sehingga tidak menimbulkan kepanikan berlebihan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.