Sukses

Nia Dinata Angkat Kesetaraan Suami di Film

Nia Dinata merilis film dokumenter berjudul Surga Kecil di Bondowoso, yang bercerita tentang seorang suami yang biasa melakukan tugas istri.

Nia Dinata meluncurkan sebuah film dokumenter berjudul Surga Kecil di Bondowoso. Film nonkomersial itu berkisah tentang seorang suami yang bisa melakukan tugas-tugas domestik di dalam rumah tangga.

"Pesannya, laki-laki dan perempuan sama saja. Sebaiknya saling membagi kasih sayang tanggungjawab. Dipikul bersama-sama," kata Nia sang sutradara, saat menggelar jumpa pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2013)

Di dalam film berdurasi 15 menit itu, Nia mengangkat kisah nyata seorang ustad di Bondowoso, Jawa Timur, yang tak sungkan melakukan tugas-tugas istrinya. Tugas-tugas itu antara lain mencuci dan menjemur pakaian, menyapu, sampai memasak di rumah.

Awalnya, masyarakat di sana agak aneh melihat kebiasaan si ustad. Memang, si ustad seolah menabrak pakem pemahaman agama dan keragaman budaya Indonesia yang selama ini dipegang. Namun perlahan, perubahan terjadi di sana.

"Film ini mengangkat kehidupan seorang ustad dari Bondowoso yang sangat progresif dan mengajarkan kepada masyarakat sekelilingnya tentang keterlibatan aktif lelaki dalam kehidupan rumah tangga," jelas Nia.

Film ini tak ditayangkan di bioskop. Nia yang juga pernah menyutradarai film Arisan! ini akan menayangkan lewat situs Youtube pada 27 November 2013. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini