Sukses

Chef Inggrid Bantu Ibu-ibu Pahami Makanan Pendamping ASI

Menjadi seorang chef, bukan melulu hanya mengolah bahan masakan agar jadi makanan yang lezat untuk disajikan di meja makan.

Menjadi seorang chef, bukan melulu hanya mengolah bahan masakan agar jadi makanan yang lezat untuk disajikan di meja makan. Tapi, juga memberikan pencerahan tentang nilai gizi yang terkandung dalam makanan sehari-hari. Chef Inggrid, membaktikan pengetahuannya untuk memberi penyuluhan kepada kaum ibu tentang Makanan Pendamping ASI (MPASI). Seperti apa?

Jebolan kompetisi memasak di sebuah televisi swasta ini menuturkan, banyak ibu yang belum tahu tentang makanan bagi bayi yang di bawah dua tahun. Padahal, asupan gizi yang tinggi amat berperan penting bagi pertumbuhan dan kecerdasan.

"Jadi tugas saya menyosialisasikan kepada masyarakat yang punya bayi untuk kelola makanan pendamping ASI. Saya diutus oleh Departemen Kesehatan," ungkap Inggrid di Posyandu Klender, Jakarta Timur, beberapa hari lalu.

Ia menuturkan, perlu semangat besar untuk memberi penyuluhan kepada para ibu. Pasalnya, bukan seperti demo cooking mewah, Inggrid juga harus blusukan ke kampung-kampung. Belum lagi, antusias para ibu yang rajin bertanya membuat Ingrid kewalahan.

"Situasi dan kondisinya harus dimaklumi ya. Misalnyan tempatnya nggak besar, tapi daya ingin tahu mereka tinggi. Sudah pasti hawanya panas, jadi harus sabar dan telaten lah," cetus pemilik nama asli Farah Valensiyah Inggrid BA tersebut.

Selain masakan yang bergizi, Inggrid juga mewanti-wanti para ibu agar tidak terlalu sering menggunakan penyedap rasa untuk makanan si buah hati. "Cita rasa anak itu terbentuk dari orangtuanya. Makanya dari dini kenalkan menu sehat dan bergizi. Bumbu penyedap sedikit saja. Agar anak mau makan, bikin masakan yang menarik dari rasa dan tampilan," pungkas dia.(Jul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.