Sukses

Jim Kelly, Pemeran Enter the Dragon Meninggal Karena Kanker

Jim Kelly, aktor sekaligus karateka, yang bermain dalam film Enter the Dragon bersama Bruce Lee, meninggal dunia pada usia 67 tahun.

Jim Kelly, aktor sekaligus karateka, yang bermain dalam film Enter the Dragon bersama Bruce Lee, meninggal dunia pada usia 67 tahun. Kabar ini disampaikan mantan istrinya, Marilyn Dishman.

Menurut Dishman, seperti dilansir BBC, Senin (1/7/2013), Jim Kelly meninggal dunia pada Sabtu waktu Amerika Serikat. Kelly mengembuskan napas terakhir di kediamannya di San Diego, California, AS, akibat menderita kanker.

Kelly dikenal dengan rambut afro-nya. Selain Enter the Dragon, ia terlibat dalam beberapa film laga yang menonjolkan seni beladiri pada dekade 1970-an. Beberapa film laga yang diperankan di antaranya Black Belt Jones, Three the Hard Way, Golden Needles, dan The Black Samurai.  

Jim Kelly lahir di Kentucky, AS pada 5 Mei 1946. Ia mulai belajar seni beladiri di sana pada 1964 sebelum pindah ke California. Pada akhir dekade 60-an, ia mengajar di sekolah karate miliknya sebelum dicari oleh produser Enter the Dragon, Fred Weintraub, yang telah mendengar tentang keterampilannya.

"Itu (Enter the Dragon) adalah salah satu pengalaman terbaik dalam hidup saya," kata Jim Kelly dalam sebuah wawancara, beberapa waktu lalu, seperti dikutip Huffington, baru-baru ini.

"Bruce luar biasa, benar-benar fantastis. Aku belajar banyak dari dia. Mungkin aku senang bekerja dengan Bruce lebih dari siapa pun karena kami berdua seniman beladiri. Dan dia adalah seorang seniman beladiri yang besar. Itu sangat baik," beber Kelly saat itu.

Enter the Dragon dianggap salah satu film kungfu paling populer sepanjang masa. Enter the Dragon sekaligus film pertama Bruce Lee dalam bahasa Inggris yang dirilis setelah kematian Lee pada usia 32.

Terakhir, Jim Kelly tercatat sebagai pelatih tenis profesional pada 1980-an.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.