Sukses

Citra Kirana Berbagi Tips Hemat untuk Para Ibu di Rumah

Citra Kirana sangat menyadari harga-harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Setalah menjadi istri dan ibu, Citra Kirana memiliki hobi baru, salah satunya adalah memasak. Kini dia senang meluangkan waktunya di rumah untuk mencoba membuat berbagai menu baru, khususnya menu sarapan untuk keluarga kecilnya.

Berangkat dari hobi masak memasak itulah kini Citra Kirana memiliki konten sendiri yaitu Taste of Ciki. “Konten itu salah satunya buat menyalurkan hobi, aku tuh lebih ke family, kegiatan-kegiatan bersama family aku share,” kata Citra Kirana di acara #CariCikiDiBiru pada 6 Juli 2024.

“Seperti memasak, main sama anak, jalan-jalan sama suami itu aku share lewat konten ini. Aku bukan orang yang pinter masak, tapi masak simple bisa, misal buat sarapan untuk suami dan anak. Makanan kesukaan aku juga bisa, tapi lebih ke yang simple-simple. Sebisa mungkin kalau kita bisa masak, ya kita masak di rumah aja,” jelas Ciki.

Ibu satu anak itu juga menyadari harga-harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi. Untuk itu, dia mengapresiasi para ibu yang tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga. Bintang serial Tukang Bubur Naik Haji ini punya beberapa siasat untuk berhemat dalam kebutuhan rumah tangga. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips dari Citra Kirana

Yang pertama adalah masak sendiri di rumah karena lebih sehat dan tentunya lebih hemat menjadi alasan kenapa Ciki memilih memasak. Sehat karena kebersihan dan gizinya jelas. Hemat karena tidak perlu keluar uang untuk terus-terusan jajan di luar dan bisa mengatur sendiri mengenai budget untuk makanan jika memasak.

Kedua, belanja bulanan ke tempat grosir dan membuat stok. Ketiga, Citra Kirana juga suka berbelanja di tukang sayur yang dekat dari rumah. Sebab, bahan-bahan tersebut sudah pasti segar dan murah.

3 dari 4 halaman

Bikin Daftar Kebutuhan

Selanjutnya, istri Rezky Aditya ini juga suka membuat daftar kebutuhan bulanan. Hal ini wajin dibuat supaya fokus pada kebutuhan bukan keinginan ketika berbelanja. Terakhir, mencari produk alternatif.

Ciki pun mencari produk yang lebih murah namun kualitas tetap baik. Termasuk soal air minum dan air kebutuhan masak, yang dulu menggunakan air minum dalam kemasan (AMDK) untuk memasak dan mencuci bahan masakan, beralih menggunakan air minum isi ulang yang jauh lebih murah.

4 dari 4 halaman

Soal Air Minum

“Aku mengganti air untuk memasak, dari awalnya menggunakan air minum dalam kemasan untuk memasak dan mencuci bahan makanan sekarang beralih ke Air Minum Biru, air minum isi ulang dengan kualitas bagus setara dengan air minum dalam kemasan (AMDK) namun harganya jauh lebih murah yaitu sepertiga AMDK. Karena aku juga nggak mau masak atau mencuci bahan masak pakai air keran karena kesehatan tetap utama, apalagi untuk anakku,” kata dia dalam keterangan tertulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.