Sukses

Livewell Punya Fitur yang Bisa Mengetahui Dua Hal Ini Hanya Lewat Foto

Fitur baru Livewell bisa mengetahui kalori dan nutrisi makan siap saji hanya melalui foto.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi Kesehatan Livewell membuat terobosan pada tahun 2024. Perusahaan start up yang berdiri sejak 2021 di bawah Kalayudha Group, menghadirkan fitur terbarunya. Ini adalah sebuah fitur dari aplikasi Livewell yang menggunakan sistem multimoda AI.

Fitur ini memanfaatkan GPT-4 vision yang dirancang khusus untuk mengenali dan menganalisis ragam makanan Indonesia. Spesialisasi ini menjadikan fitur bernama Nutrico+ sebagai aplikasi pertama di Indonesia yang dapat menganalisis aspek unik dari seluruh hidangan, khususnya menu Indonesia.

“Dengan menggunakan Nutrico+, pengguna dapat mengunggah gambar makanan siap saji, makanan kemasan, dan label informasi nilai gizi untuk dianalisis kalori makro dan mikro nutriennya. Nutrico+ nantinya juga akan berkembang lebih jauh,” ujar dr. Andira Utami, CEO Livewell pada peluncuran fitur ini di La Gazette, Artotel Casa Kuningan, Jakarta Selatan.

"Tak hanya pengenalan makanan, pendekatan pembelajaran AI berkelanjutan ini memungkinkan Nutrico+ meningkatkaan akurasi dan adaptivitasnya. Nutrico+ dapat menggunakan data baru untuk meningkatkan akurasi dan kinerja algoritmanya," sambungnya.

Pengembangan fiturnya akan memungkinan sistem untuk menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi untuk kebiasaan makan, aktivitas fisik, dan bahkan pola tidur. Fitur ini berfungsi sebagai pendamping Kesehatan dan kebugaran yang komprehensif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada 5 Fitur Terbaru

Ada 5 fitur di aplikasi Livewell yang dapat membantu para user dalam memantau pola hidup agar menjadi lebih sehat. Pertama ada fitur Nutrisi. Melalui fitur ini, individu dapat memasukkan foto atau nama makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan estimasi kalori dan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

“Livewell mempermudah individu dengan mengembangkan pencacatan asupan lebih detail dengan bantuan Nutrico+, yaitu Al powered food estimator. Dengan menggunanakan fitur ini, individu bisa mengestimasikan jumlah nutrisi berdasarkan deskripsi atau foto yang individu berikan,” ujar Samuel Tampubolon, CTO Livewell.

Ada fitur Exercise, yang dapat membantu individu untuk memantau kegiatan fisik dan menentukan target steps harian mereka. Fitur ini juga dapat memberikan informasi terkait kalori yang dibakar hanya dengan santai berjalan kaki atau lari.

“Yang paling menarik pada fitur ini, individu dapat membagikan keseruan olahraganya dengan pencapaian goal mereka ke Instagram Sstory maupun feed,” tambah Samuel.

Selain itu ada fitur Sleep, di mana individu dapat melakukan tracking terhadap kualitas tidur termasuk goal harian individu, breakdown kebiasaan tidur harian, hingga mengetahui chart jam tidur harian individu dalam satu minggu.

Fitur yang keempat adalah Water Intake. Agar individu dapat memenuhi kebutuhan hidrasi 8-10 gelas per hari dan terhindar dari dehidrasi, fitur ini membantu individu dalam melakukan input harian terhadap air yang mereka minum sehari-hari.

“Kami juga berusaha meningkatkan kesadaran individu dalam memantau kondisi mood harian melalui fitur Mood, di mana individu dapat memilih suasana mood yang sesuai mulai dari Awful sampai Great,” ujar Samuel.

 

 

3 dari 4 halaman

Berharap dapat membantu banyak individu yang ingin hidup sehat

Sementara itu Daniel Supit selaku CMO Livewell berharap dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi Livewell dapat membantu banyak individu yang ingin hidup sehat.

“Livewell menyesuaikan dengan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia yang suka mengambil foto sebelum makan, dan Livewell mengemasnya dengan edukasi terkait asupan nutrisi yang mereka konsumsi. Livewell juga dapat memantau keseharian karyawan melalui dashboard perusahaan yang dapat digunakan untuk memantik budaya hidup sehat di tempat kerja, melalui data dan rewards,” ujar Daniel.

 

 

4 dari 4 halaman

5 Tips Ideal Menjaga Kesehatan

Salah satu tantangan kesehatan zaman ini adalah sibuknya orang bekerja. Kita ambil contoh karyawan yang bekerja 9 to 5 di Jakarta. Berangkat di tengah polusi, bekerja duduk hampir enam jam dan pulang bermacet-macetan.

Di satu sisi, ada karyawan yang bekerja shift malam sehingga siklus tidurnya terganggu. Dua contoh ini menunjukan bahwa pekerjaan apabila tidak diatur dengan baik dapat mengganggu kesehatan.

Kenyataannya, penyakit tidak menular atau PTM, seperti diabetes dan kolesterol, bertanggung jawab atas 73% kematian di Indonesia. Maka dari itu, berikut 5 tips ideal menjaga kesehatan.

1. Makan sehat dan gizi seimbang

WHO menyatakan bahwa gizi merupakan pilar utama dari kesehatan dan kesejahteraan sepanjang siklus kehidupan, sehingga harus digaungkan pola makan dengan pedoman gizi seimbang.

Menurut Kemenkes, makanan yang sebaiknya kita makan dalam “Isi Piringku” mencakup 50% sayur dan buah, dan 50% sisanya karbohidrat dan protein. Komposisi porsi isi piring dewasa mencakup makanan pokok ⅓ piring, sayuran ⅓ piring, buah ⅙ piring dan lauk pauk ⅙ piring.

Dengan menggunakan Livewell, Anda dapat dengan mudah mencatat pola makan setiap hari dan menghitung jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Laman Livewell menampilkan kebutuhan gizi makro yang mencakup protein, lemak dan karbohidrat. Secara umum kebutuhan energi orang dewasa satu hari yakni 2000 kalori untuk perempuan dan 2500 kalori untuk pria.

Sementara itu, kebutuhan karbohidrat dalam satu hari yakni 325 gram, protein 75 gram dan lemak 44 gram. Namun, angka kebutuhan gizi harian dapat lebih tepat diukur berdasarkan usia dan berat badan. Dengan menggunakan Livewell, Angka Kecukupan Gizi akan disesuaikan dan dipersonalisasi sesuai kebutuhan tanpa harus menghitung secara manual. Perkembangan teknologi kesehatan ini dapat membantu mencapai asupan nutrisi makro dan mikro yang bergizi agar tercapai tubuh yang lebih sehat.

2. Konsumsi air yang cukup agar terhidrasi

Kebutuhan cairan tubuh harian pada masing-masing individu dapat bervariasi menurut umur, berat badan, jenis kelamin serta jumlah lemak tubuh. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yakni sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Konsumsi air putih 8 gelas (2 liter) sehari dapat membantu melancarkan proses metabolisme dan membantu tubuh senantiasa terhidrasi. Akibat dari kurang minum air putih dapat memicu terjadinya dehidrasi. Kondisi dehidrasi dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti mudah lelah, gangguan sistem pencernaan dan memicu gangguan ginjal. Livewell dapat mengatur mode pengingat agar Anda tetap terhidrasi dengan baik.

3. Beraktivitas

Olahraga tidak harus selalu menjadi panggilan yang menyiksa. olahraga ringan di rumah seperti menyediakan waktu untuk 30 menit setiap hari seperti sit up, push up di pagi hari atau semudah memastikan berjalan kaki minimal 7500 langkah sehari.

4. Istirahat yang Cukup

Menurut CDC, orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam waktu tidur setiap harinya. Dengan menjalankan pola tidur yang baik, fungsi tubuh seseorang akan berjalan dengan baik, sehingga dapat mudah terhindar dari beberapa penyakit seperti stres dan penyakit kronis.

5. Memiliki pikiran positif

Selain kesehatan fisik, kondisi mental juga faktor yang harus diperhatikan dalam pola hidup sehat. Aplikasi Livewell dapat menjadi mood tracker untuk mengenali emosi yang lebih baik dan memantau kondisi mental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini