Sukses

Dahn World Jawab Selentingan Miring, soal Hubungan dengan HYBE – BTS hingga Kultus Agama

Tudingan mengenai HYBE dan BTS kini mendapat bantahan dari pihak Dahn World secara langsung.

Liputan6.com, Seoul - Konflik yang tengah mendera HYBE dengan Min Hee Jin menggelinding liar, bahkan sampai menyebut-nyebut nama Dahn World—yang ditulis juga sebagai DahnWorld. Dalam unggahan warganet yang viral di media sosial, HYBE dan BTS diisukan memiliki kedekatan dengan Dahn World.

Masalahnya, narasi yang beredar menyebutkan bahwa ini gerakan kultus keagamaan.

Disebutkan bahwa Bang PD adalah bagian dari kultus ini & meletakkan simbol-simbol kultus tersebut dalam video artis-artisnya,” cuit seorang warganet yang difavoritkan hampir 5 ribu pengguna X atau Twitter. Bang PD sendiri merujuk pada Bang Si Hyuk pendiri HYBE.

Tudingan mengenai HYBE dan BTS kini mendapat bantahan dari pihak Dahn World secara langsung.

“Di tengah perselisihan yang berlangsung antara agensi hiburan HYBE dan CEO ADOR Min Hee Jin, muncul rumor yang melibatkan Dahn World. Kami ingin menyatakan dengan jelas, bahwa tuduhan ini tidak berdasar,” begitu pernyataan organisasi ini dalam unggahan di kanal YouTube-nya, Rabu (1/5/2024), dilansir dari The Korea Times.

Ditambahkan, “Kami berencana mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap mereka yang menyebar informasi palsu yang sudah mencoreng reputasi, mengganggu bisnis, hingga menyebabkan kerugian finansial kepada kami.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantahan Dahn World

Dahn World yang dikenal dengan identitas sebagai kelompok meditasi, juga menepis tuduhan bahwa mereka adalah kultus keagamaan.

“Rumor negatif dan tidak berdasar ini tak hanya merusak integritas Dahn World tapi juga sangat memengaruhi reputasi karyawan dan anggota kami. Meskipun nilai-nilai yang kami pegang terinspirasi prinsip-prinsip pendirian Korea, kami bukanlah organisasi keagamaan," ujar pihak Dahn World.

3 dari 4 halaman

Soal Global Cyber University

Di bagian akhir pernyataannya, Dahn World menyampaikan kalimat simpatik untuk BTS. “Kami secara tulus berharap para member BTS tak menderita kerugian atas rumor tak berdasar ini,” kata mereka.

Dilansir dari Allkpop, Dahn World didirikan Lee Seung Heon, yang juga membentuk Global Cyber University. BTS diketahui pernah menimba ilmu sekaligus mempromosikan Global Cyber University.

4 dari 4 halaman

Isu Mago GFriend

Selain BTS, idol K-Pop lain yang disebut-sebut dalam rumor liar ini adalah GFriend dan Le Sserafim. Kedua grup ini berada di bawah naungan Source Music—anak perusahaan HYBE.

Salah satunya bahwa lagu terakhir GFriend bertajuk "Mago," konon merupakan nama dewi yang dipuja dalam kultus ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.