Sukses

7 Film Lebaran dengan Jumlah Penonton 2 Juta Lebih, Terbaru Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur

Dua film Indonesia yang dirilis pada Lebaran 2024, Siksa Kubur karya Joko Anwar dan Badarawuhi di Desa Penari dari Kimo Stamboel. tembus 2 juta penonton.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran 2024 yang baru saja lewat menyisakan sejumlah catatan penting bagi industri film Indonesia. Salah satu yang disorot, pencapaian Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur.

Seperti diketahui, hanya dua film Lebaran karya sineas Indonesia yang berlaga di bioskop. Keduanya yakni Siksa Kubur dari Joko Anwar dan Badarawuhi di Desa Penari karya sineas Kimo Stamboel.

Hari pertama penayangan, Badarawuhi di Desa Penari menyerap 344 ribuan penonton sementara Siksa Kubur membayangi bersama lebih dari 250 pasang mata. Sebuah persaingan yang amat ketat.

Banyak film Indonesia yang meraih jutaan penonton saat libur Lebaran. Laporan Showbiz Liputan6.com kali ini merangkai 7 film Indonesia yang tayang pada libur Lebaran dan merangkul 2 juta penonton lebih. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. KKN di Desa Penari

Tanggal Rilis: 20 April 2022

Tanggal rilisnya terkoreksi dua kali. Hasil akhirnya bikin publik terperenyak. Jadi film Lebaran 2022 pasca-wabah Covid-19, karya Awi Suryadi ini menciptakan fenomena tak lazim dari perang tiket hingga sistem antre pakai sandal dan helm di halaman bioskop.

Berakhir bersama 9,2 jutaan penonton, versi extended-nya menyempurnakan pencapaian KKN di Desa Penari ke level 10,06 juta penonton. Terlepas dari suara sumbang yang mengkritik kualitasnya, hingga kini, tak ada yang seperti ini dalam sejarah sinema Indonesia.

 

3 dari 8 halaman

2. Sewu Dino

Tanggal Rilis: 19 April 2023

Tak ada alasan bagi bioskop untuk menampik Sewu Dino sebagai salah satu film Lebaran 2023. Materi aslinya, dari SimpleMan sang kreator KKN di Desa Penari. Produsernya, Manoj Punjabi, yang melahirkan Ayat-ayat Cinta, Habibie & Ainun, dan setumpuk box office lain.

Barisan bintangnya pun layak diperhitungkan dari Mikha Tambayong hingga Rio Dewanto. Hasil akhir 4,8 juta penonton mengantar Sewu Dino sebagai film Indonesia terlaris 2023 dan menempati urutan ke-8 dalam daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa. Cihuy banget!

 

4 dari 8 halaman

3. Jailangkung

Tanggal Rilis: 25 Juni 2017

Setelah menjelma Nathan dalam Dear Nathan, Jefri Nichol (dan Amanda Rawles) kerap terlibat dalam proyek “seksi.” Salah satunya, Jailangkung karya sineas Rizal Mantovani dan Jose Poernomo. Lebih dari 2,5 juta orang berduyun-duyun ke bioskop demi keduanya.

Jailangkung mengisahkan Bella yang berupaya menguak insiden ayahnya, Ferdi, yang ditemukan tak sadarkan diri di sebuah vila di Pulau Alas Keramat. Sayang, sekuelnya yang dirilis setahun kemudian “hanya” berhasil mendatangkan 1,4 jutaan penonton. Not bad, sih.

 

5 dari 8 halaman

4. Rudy Habibie

Tanggal rilis: 30 Juni 2016

Fenomena unik pada Lebaran 2016 yakni aksi “curi start” ala Rudy Habibie karya sineas Hanung Bramantyo. Empat film Lebaran lain yakni I Love You From 38.000 Feet, Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea, Koala Kumal, dan Sabtu Bersama Bapak rilis 5 Juli 2016.

Rudy Habibie tayang lebih awal, 30 Juni 2016. Strategi ini terbilang berhasil karena duet Reza Rahadian dan Chelsea Islan mengumpulkan 2,01 jutaan penonton. I Love You From 38.000 Feet dengan bintang Michelle Ziudith harus puas dengan 1,5 jutaan penonton.

 

6 dari 8 halaman

5. Laskar Pelangi

Tanggal Rilis: 25 September 2008

Sejarah mencatat untuk kali pertama ada film Indonesia tembus 4 juta penonton. Itu terjadi pada libur Lebaran 2008. Laskar Pelangi karya Riri Riza yang diadaptasi dari novel besutan Andrea Hirata terasa unggul dari aspek naskah, akting, hingga sinematografi.

Tata musik plus soundtrack karya Nidji pun dikenang hingga kini. Tak perlu versi extended karena cetak birunya membuat 4,7 jutaan penonton tertawa dan menangis bareng. Kita akan terus mengenang adegan ayah Lintang pamit dan tak kembali. Lalu, mimpi tinggal mimpi.

 

 

7 dari 8 halaman

6. Siksa Kubur

Tanggal Rilis: 11 April 2024

Kita layak berharap lebih pada naskah Joko Anwar. Apalagi jika naskah itu dihidupkan para begawan akting seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, dan Niniek L. Karim. Performa Faradina Mufti, Widuri Puteri, dan Muzakki Ramdhan pun amat berkilau di sini.

Siksa Kubur sebagai salah satu dari dua film Lebaran tahun ini menjadi lawan tangguh bagi Badarawuhi di Desa Penari. Seminggu tayang di bioskop, Siksa Kubur menjaring 2.003.981 penonton. Film ke-10 Joko Anwar ini jadi bahan diskusi hangat di medsos khususnya X.

 

8 dari 8 halaman

7. Badarawuhi di Desa Penari

Tanggal Rilis: 11 April 2024

Memperkenalkan diri sebagai salah satu dari 4 film di dunia dengan banderol “filmed for IMAX” tahun ini, kehadiran Badarawuhi di Desa Penari sebagai prekuel KKN di Desa Penari rilisan MD Pictures, bikin masyarakat se-Tanah Air menaruh ekspektasi tinggi.

Apalagi, karya sineas Kimo Stamboel ini didistribusikan studio raksasa Hollywood, Lionsgate yang mengantar John Wick, Twilight, dan The Hunger Games ke puncak box office. Baru 6 hari tayang, Badarawuhi di Desa Penari menuai 2 juta penonton lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.