Sukses

Influencer Kelly Patricia Jadi Inspirasi Meskipun Sempat Putus Kuliah, Konsisten Berbagi Literasi Keuangan untuk Bisnis UMKM

Sempat menghadapi tantangan finansial hingga terpaksa menghentikan pendidikan, influencer Kelly Patricia kini menjadi sumber inspirasi bagi lebih dari 200 ribu pengikutnya di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Seorang influencer yang lahir di Jakarta, Kelly Patricia, telah menemukan panggilannya dalam memberikan literasi keuangan kepada bisnis UMKM di Indonesia pada usianya yang masih 26 tahun.

Meskipun menghadapi tantangan finansial yang berat hingga terpaksa menghentikan pendidikannya, Kelly Patricia kini menjadi sumber inspirasi bagi lebih dari 200 ribu pengikutnya di media sosial.

Bahkan, ia juga menjadi pendiri dari dua bisnis suksesnya, Lady Boss Project (kursus keuangan bisnis) dan Aelin Studio (jasa dekorasi pesta).

Bukan tanpa rintangan, Kelly Patricia telah merasakan pahit getirnya perjuangan hidup sejak berusia 18 tahun. Keluarganya yang sebelumnya mapan, tiba-tiba menghadapi kesulitan ekonomi, memaksa Kelly untuk menghentikan pendidikannya di tahun terakhir kuliahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memulai kariernya dari bawah

Namun, di tengah ketidakpastian itu, Kelly tidak menyerah. Dia memulai kariernya dari bawah, bekerja dengan upah di bawah UMR, dan bahkan menjalankan bisnis dekorasi pesta sebagai sumber pendapatan tambahan.

Namun, ujian terbesar datang ketika pandemi COVID-19 melanda, memaksa bisnis dekorasinya untuk ditutup. Namun dari setiap tantangan, Kelly melihat peluang. Dia mulai berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang keuangan bisnis di media sosialnya.

Respons positif dari para pengikutnya membuka matanya terhadap kebutuhan akan literasi keuangan di kalangan pemilik UMKM dan pelaku bisnis online.

“Ternyata banyak banget followers aku yang punya bisnis, tapi rekening pribadi dan rekening bisnis enggak dipisah. Banyak juga yang enggak pernah buat laporan keuangan. Bahkan banyak yang enggak tahu kalau bisnis owner itu dapat duit dengan cara terima gaji owner dan profit sharing,” kata Kelly Patricia.

 

 

3 dari 4 halaman

Mendorong Kelly untuk mendirikan sebuah kursus online

Dorongan inilah yang mendorong Kelly untuk mendirikan Lady Boss Project, sebuah kursus online yang bertujuan memberikan edukasi keuangan yang mudah dipahami bagi para pemilik bisnis UMKM.

Dalam kursusnya, Kelly berbagi pengetahuan dasar tentang keuangan bisnis, termasuk pembuatan laporan keuangan sederhana, cara mengelola keuangan bisnis, dan pembagian keuntungan dengan adil.

“Menurutku, ilmu keuangan yg basic itu seharusnya bisa dipelajari oleh semua bisnis owner. Gak cuma disimpan untuk akuntan atau konsultan keuangan. That’s why aku bangun Lady Boss Project biar bisnis owner pemula, owner UMKM dan online shop bisa mendapatkan basic ilmu keuangan bisnis dengan harga terjangkau,” ujar Kelly.

Kelas keuangan bisnis Lady Boss Project laris ratusan murid pada hari pertama launching dan kini sudah membimbing ribuan bisnis owner pemula. Mereka yang awalnya tidak paham sama sekali tentang keuangan, jadi lebih bijak mengatur dan memahami kondisi keuangan bisnis mereka sendiri.

 

4 dari 4 halaman

Memperkuat kariernya sebagai edukator

Selain sebagai pendiri Lady Boss Project dan Aelin Studio, Kelly Patricia juga telah mengambil sertifikasi sebagai Qualified Wealth Planner (QWP) untuk memperkuat kariernya sebagai edukator keuangan.

Dia telah diundang sebagai pembicara di berbagai acara literasi keuangan di berbagai kampus, termasuk Universitas Indonesia dan Telkom University.

"Dengan semakin banyaknya pemilik bisnis yang melek keuangan, saya berharap UMKM Indonesia dapat terus berkembang dan berkontribusi lebih besar pada perekonomian," tambah Kelly Patricia.

Ke depannya, Kelly Patricia berharap semakin banyak bisnis owner yang melek keuangan agar UMKM Indonesia bisa maju dan berkembang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini