Sukses

Liontin ASI untuk Mengenang Momen Indah Saat Menyusui

Saat seorang ibu bisa memberikan air susu pada anaknya, itulah momen terindah bagi sang ibu. Inilah yang menginspirasi dibuatnya perhiasan dari ASI.

Saat seorang ibu bisa memberikan air susu pada anaknya, itulah momen terindah bagi sang ibu. Inilah yang menginspirasi dibuatnya perhiasan dari ASI.

Kaum wanita yang ingin menjadikan kenangan-kenangan dari ASI dalam bentuk liontin atau gelang cukup mengirimkan dua sendok ASI dan liontin pun tercipta dengan berbagai bentuk lucu.

Seperti dikutip Dailymail, Selasa (9/4/2013), Allicia Mogavero dari Southern Rhode Island, yang menjalankan toko online kerajinan
Etsy.com, meminta pembeli mengirimkan dua sendok ASI dalam tas zip-lock sehingga ia bisa mengawetkannya dalam resin.

Ibu tiga anak itu menceritakan bisnisnya itu membuat beberapa pelanggannya menceritakan kalau perhiasan kreasinya sebagai pengingat waktu khusus yang indah saat memiliki ikatan dengan anak.

Setelah menerima sampel ASI, Mogavero menyimpannya dalam plastik kemudian mencetaknya dalam bentuk hati, bulan, bintang, atau kaki kecil, dan tangan.

Liontin ASI itu kemudian diberi resin agar mengkilap dan dikaitkan dengan perak dan rantai yang ditambahkan. Nama anak atau pesan khusus bisa dimasukkan di dalamnya.

Mogavero mengingatkan kalau warna potongan perhiasan itu akan bervariasi tergantung sampel susu dan tak ada dua potong yang pernah sama.

"Beberapa susu lebih kuning dibanding yang lain, susu lain sangat encer dan akan membuat manik-manik kurang terang," ujar Mogovero.

"Mungkin ada beberapa bagian dari manik-manik ASI Anda terlihat sedikit lebih gelap atau putih. Ini karena susu mempunya bagian lemak dan nonlemak," tambahnya.

Ide membuat perhiasan dari ASI itu menurut Mogavero muncul setelah ia menyusui anak-anaknya. "Anda hanya memberikan ASI untuk jangka pendek dan itu menakjubkan bagi saya karena susu ini mampu membuat anak saya berkembang".

Ia mengaku berpikir keras dan panjang untuk menemukan cara agar bisa mengenang waktu yang singkat namun berharga saat menyusui.

"Melalui banyak percobaan dan eksperimen, saya menciptakan sistem untuk melestarikan ASI saya," katanya.

Kini ada beberapa desainer yang menjual produk serupa Etsy seperti Milk.Mom.Baby, dan Holiday Design.

Perhiasan ASI itu disambut dengan berbagai respons. Ada yang mengatakan itu ide yang indah namun ada pula yang menganggapnya kotor.

"Saya pikir itu cukup keren! Kita menghabiskan banyak waktu menyusui anak-anak kita, itu menjadi hal terbesar dalam kehidupan kita," isi salah satu komentar.

Sementara komentar lain mengatakan,"Susu Anda yang diabadikan dalam perhiasan, itu hanya aneh".(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini