Sukses

Kate Middleton Bikin Raja Charles III Bangga Usai Sampaikan Diganosis Kanker pada Publik, Disebut Pemberani

Seperti Kate Middleton, Raja Charles juga mengidap kanker.

Liputan6.com, Jakarta Raja Charles III dan Ratu Camilla sudah mendengar kabar Kate Middleton didiagnosis dengan kanker sebelum pengumuman soal ini dipublikasikan pada Sabtu (23/3/2024). Dilansir dari People, perwakilan Istana Buckingham bahkan menyampaikan reaksi Raja Charles III begitu mendengar kabar ini.

“(Raja Charles) sangat bangga dengan Catherine atas keberaniannya berbicara seperti yang telah ia lakukan,” kata perwakilan Istana.

Diwartakan USA Today yang mengutip The Guardian, Raja Charles selama beberapa pekan terakhir memang berkomunikasi secara cukup intens dengan istri Pangeran William ini.

Jubir Istana melanjutkan, “(Raja) tetap menjalin kontak yang sangat erat dengan menantu yang ia sayangi, selama beberapa pekan terahir.” Terakhir, Raja Charles dan Ratu Camilla dinyatakan akan terus memberi cinta dan dukungan dalam menghadapi masa sulit ini.

Raja Charles III tampaknya paham betul dengan situasi yang dihadapi sang Putri Wales, karena ia sendiri juga menderita kanker. Bahkan keduanya mendapat perawatan dari rumah sakit yang sama, The London Clinic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kanker Raja Charles

Penyakit Raja Chares diumumkan awal Februari lalu dan diketahui saat pemeriksaan untuk gangguan prostat yang dialaminya.

“Dalam prosedur untuk (menangani) pembesaran prostat jinak yang dijalani Raja baru-baru ini di rumah sakit, diketahui ada masalah lain. Tes diagnostik lanjutan kemudian mengidentifikasi adanya kanker,” begitu pernyataan pihak Istana kala itu.

3 dari 7 halaman

Hasil Tes Setelah Operasi

Sementara dalam pernyataannya, Kate Middleton mengetahui bahwa ia mengidap kanker setelah menjalani operasi perut pada Januari lalu.

“Pada bulan Januari saya menjalani operasi perut besar di London dan pada saat itu diduga bahwa kondisi yang saya alami bersifat non-kanker. Operasinya berhasil, tapi tes setelah operasi menunjukkan keberadaan kanker,” kata Kate Middleton.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini ia sudah mulai menjalani perawatan kemoterapi.

4 dari 7 halaman

Awalnya Terkejut

Melalui sebuah unggahan di akun Instagram resmi @princeandprincessofwales, Kate Middleton menceritakan awal mula dirinya diketahui memiliki kanker. Seperti diketahui bahwa istri Pangeran William menjalani operasi abdominal di London pada Januari 2024 dan kondisinya dianggap non-kanker.

Kate dan keluarganya sangat terkejut saat mengetahui dirinya memiliki sel kanker. Mereka berusaha untuk memproses dan menerima kabar tersebut secara pribadi, dan ini membutuhkan waktu.

5 dari 7 halaman

Pukulan Luar Biasa

Kabar itu memang seperti pukulan yang luar biasa bagi Kate Middleton. Sebab, di saat bersamaan, dirinya juga butuh waktu untuk pulih dari operasi besar sebelum memulai pengobatan penyakit kanker.

Yang paling penting bagi Kate dan William adalah memberi tahu Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, tentang kondisi kesehatan ibu mereka. Serta memastikan ketiga bocah tersebut bahwa semuanya akan baik-baik saja.

6 dari 7 halaman

Butuh Waktu untuk Sampaikan Kabar pada Anak-Anak

Kate Middleton juga mengungkap bahwa ia dan Pangeran William butuh waktu untuk menyampaikan kabar buruk ini kepada ketiga anaknya.

“Seperti yang bisa Anda bayangkan, butuh waktu bagiku untuk pulih dari operasi besar untuk mulai menjalani perawatan. Tapi yang paling penting, butuh waktu untuk butuh waktu bagi kami untuk menjelaskan semuanya keada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang pas untuk mereka, dan untuk meyakini mereka bahwa aku akan baik-baik saja,” tuturnya.  

 

7 dari 7 halaman

Perawatan Medis

Kate Middleton menyatakan bahwa dia sedang menerima perawatan medis yang sangat baik dari tim dokter yang luar biasa. Tim dokter juga merekomendasikan serangkaian kemoterapi sebagai bagian dari pengobatannya. Kate menjelaskan bahwa saat ini dirinya sedang dalam tahap awal pengobatan tersebut.

Meskipun menghadapi kanker, Kate menyatakan bahwa dia semakin kuat dan fokus pada hal-hal yang membantunya sembuh. Kate juga menekankan bahwa suaminya, Pangeran William, merupakan dukungan terbesarnya selama proses pengobatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.