Sukses

Jung Joon Young Bebas dari Penjara, 5 Tahun Dibui untuk Kasus Pemerkosaan

Jung Joon Young bebas dari penjara pukul 5 pagi waktu setempat.

Liputan6.com, Seoul- Jung Joon Young akhirnya bisa menghirup udara bebas setelah dijatuhi vonis penjara pada November 2019 lalu. Dilansir dari Korea Joongang Daily, sang penyanyi dan bintang variety show Korea Selatan ini dibebaskan pada hari ini, Selasa (10/3/2024) penjara di Mokpo, Jeolla Selatan.

Allkpop mewartakan bahwa ia bebas pada pukul 5 pagi waktu setempat, sehari lebih cepat dari jadwal.

Dalam potret yang dirilis media, Jung Joon Young keluar dari penjara dengan mengenakan bucket hat dan masker warna hitam. Ia menunduk, membuat wajahnya semakin tersamar.

Seperti diketahui, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon eks FT Island didakwa melakukan pemerkosaan terhadap sejumlah wanita yang sedang mabuk. Selain mereka, ada tiga orang lain dengan dakwaan serupa, atas insiden yang terjadi di Gangwon dan Daegu pada 2016.

Tak hanya itu, Jung Joon Young juga didakwa karena secara diam-diam merekam dirinya saat melakukan hubungan seksual dengan sejumlah wanita dan membagikannya di chatroom sejak 2015. Kasus ini menjadi skandal besar di Korea kala itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awalnya Divonis 6 Tahun Penjara

Ia awalnya divonis enam tahun penjara dan diperintahkan menjalani rehabilitasi kekerasan selama 80 jam dan dilarang bekerja di organisasi apa pun yang berkaitan dengan anak-anak dan remaja.

Tahun 2020 ia berhasil banding yang membuat hukumannya menjadi lima tahun. Baik jaksa maupun Jung Joon Young kembali mengajukan banding atas putusan ini, tapi Mahkamah Agung menguatkan vonis 5 tahun penjara Jung Joon Young.

3 dari 4 halaman

Banding Kedua Ditolak

Pengadilan banding mengurangi hukumannya menjadi lima tahun pada bulan April 2020, sehingga mendorong pengajuan banding lebih lanjut baik dari Jung maupun jaksa.

Namun Mahkamah Agung menguatkan hukuman penjara bagi Jung pada September 2020.

4 dari 4 halaman

Choi Jong Hoon Sudah Bebas Sejak 2021

Sementara itu Choi Jong Hoon telah bebas dari penjara pada 8 November 2021 lalu, setelah menginap 2,5 tahun di hotel prodeo.

Pada Januari tahun ini, muncul selentingan bahwa ia hendak kembali ke jagat hiburan di Jepang. Kabar ini menuai reaksi keras dari warganet Korea.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini