Sukses

Kiky Saputri Ungkap Pertimbangan Dokter Angkat Ovarium Kirinya: Digerogoti Kista, Bahayakan Nyawa

Kiky Saputri membeberkan kronologi dan pertimbangan dokter mengangkat ovarium kirinya. Ovarium kiri digerogoti kista dan bisa menjalar ke mana-mana.

Liputan6.com, Jakarta Komika Kiky Saputri membeberkan kronologi dan pertimbangan dokter untuk mengangkat ovarium kirinya. Ini bermula ketika Kiky Saputri terjaga di kamar observasi pasca-operasi lalu mencari sang suami, Muhammad Khairi.

Saat itu, Muhammad Khairi menemuinya pakai baju operasi dan menyampaikan kabar buruk bahwa ovarium kirinya telah diselimuti kista. Bahkan, kista itu telah menggerogoti ovarium kirinya.

“Jadi ternyata ovarium kiri Kiky itu sudah diselimuti oleh kistanya. Jadi ini ovarium, kista itu sudah menggerogoti ovarium sebelah kiri Kiky dan dokter bilang ini harus diangkat karena sudah terjadi peradangan di situ,” kata Muhammad Khairi terkait Kiky Saputri keguguran.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Kiky Saputri, Minggu (17/3/2024), ada risiko besar yang mengintai jika kista ini tak segera diangkat. Puncaknya, membahayakan nyawa pasien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Menjalar Ke Mana-mana

“Kalau tidak diangkat, kista ini akan berkembang lagi di tempat yang lain. Terus, akan menjalar ke mana-mana juga bisa kena ke ovarium kanan. Makanya dokter waktu itu bilang ini sudah opsi terakhir dari kita,” imbuhnya.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi terkini, kista adalah selaput yang membentuk kantong tertutup, berisi kuman, tumbuh secara tidak normal dalam suatu jaringan atau rongga badan.

3 dari 4 halaman

Tragedi Ovarium Kiri

Muhammad Khairi lantas menguak fakta bahwa ovarium kiri adalah tempat janin yang dikandung Kiky Saputri tumbuh. Inilah yang membuat mental bintang film Pasutri Gaje sempat ambruk.

“Mau enggak mau ovarium kiri kamu itu harus diangkat. Dan ternyata ovarium kiri itu tempat waktu itu kamu hamil,” Muhammad Khairi menjelaskan. Kala itu mata Kiky Saputri berkaca-kaca.

4 dari 4 halaman

Untung Segera Ditindak

Lebih lanjut Muhammad Khairi menjelaskan, bahayanya jika ovarium kiri yang telah digerogoti kista ini tak segera diangkat. Penjelasan inilah yang akhirnya membuat Kiky Saputri legawa.

“Untungnya segera tindakan. Kalau enggak tindakan, kista itu pecah menjalarnya ke usus Kiky, darah Kiky, ke ovarium kanan, malah lebih berbahaya ke nyawanya Kiky. Waktu itu situasinya susah juga dijelaskan,” akunya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.