Sukses

Terungkap Pengakuan Akira Toriyama Kreator Dragon Ball yang Membuatnya Merasa Malu Sebelum Meninggal Dunia

Salah satu hal menarik yang terungkap sebelum Akira Toriyama meninggal adalah pengakuannya soal pandangannya terhadap anime Dragon Ball.

Liputan6.com, Jakarta Mangaka atau komikus Jepang Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret 2024 di usia 68 tahun. Banyak hal yang baru terungkap setelah Akira Toriyama mangkat, terutama terkait karyanya yang paling populer, Dragon Ball.

Salah satu hal menarik yang terungkap adalah pengakuan Akira Toriyama soal pandangannya terhadap anime Dragon Ball. Rupanya, selama ini serial dan beberapa film lepas anime Dragon Ball, banyak yang tak melibatkan campur tangan Akira Toriyama.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Akira Toriyama pada Desember 2023, terdapat pengakuan sang mangaka yang tak menonton semua anime dari manga karyanya itu. Akira Toriyama pun mengaku malu mengenai hal itu.

"Sejujurnya, saya tidak pernah begitu tertarik dengan anime, dan bahkan ketika karya saya dibuat dalam format animasi, saya merasa malu untuk mengakui bahwa saya tidak terlalu banyak menontonnya, mohon maaf kepada staf," ujar Akira Toriyama saat menerima Lifetime Achievement Award dari Tokyo Anime Award Festival 2024 pada 14 Desember 2023, mengutip akun Instagram @akira.toriyama, Rabu (13/3/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akira Toriyama Sempat Diminta Merevisi Naskah Film Anime Dragon Ball

Selanjutnya, Akira Toriyama mengaku sempat diminta terlibat lebih jauh dalam pembuatan film anime Dragon Ball.

"Sekitar 10 tahun lalu, keluar secara tiba-tiba, saya diminta untuk merevisi naskah film animasi Dragon Ball, dan saya menggambar beberapa desain sederhana untuk karakter dan latar belakangnya. Saya berpikir, 'Aku bisa menyerahkan bagian yang sulit untuk staf' (tertawa)," ujarnya.

"Karenanya, sungguh memalukan saya menerima Lifetime Achievement Award dari Tokyo Anime Awards Festival. Terima kasih banyak," Akira Toriyama menyambung.

Akira Toriyama melanjutkan pernyataan mengenai kenangan selama terlibat di dunia animasi serta keterlibatan dalam anime Dragon Ball Daima. Ucapan terima kasih pun menutup pernyataan terakhirnya kepada publik ini.

3 dari 4 halaman

Kabar Duka Cita Atas Meninggalnya Akira Toriyama

Kabar dukacita mengenai meninggalnya Akira Toriyama juga disampaikan lewat situs dan akun media sosial Dragon Ball—salah satu karya ikonisnya.

“Dengan dukacita mendalam kami ingin mengormasikan bahwa kreator manga Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret karena subdural hematoma akut. Ia berusia 68 tahun,” begitu pengumuman berbahasa Inggris yang disampaikan Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo, Jumat (8/3/2024).

“Meski begitu, ia telah meninggalkan sejumlah judul manga dan karya seni lain di dunia ini. Berkat dukungan dari banyak orang di seluruh dunia, ia bisa melanjutkan kerja kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap dunia unik yang diciptakan Akira Toriyama bisa terus dicintai orang pada masa mendatang,” lanjut kabar duka tersebut.

4 dari 4 halaman

Akira Toriyama Telah Dimakamkan Keluarga

Dalam pengumuman ini, disampaikan pula bahwa Akira Toriyama telah dimakamkan pihak keluarga dan sejumlah kerabat dekatnya. Ada satu permintaan khusus, yakni penggemar tak perlu mengirim bunga atau bingkisan tanda belasungkawa.

“Sesuai keinginan (Akira Toriyama) mengenai ketenangan, dengan hormat kami menginformasikan kepada Anda semua bahwa kami tak menerima bunga, bingkisan belasungkawa, kunjungan, pemberian, dan hal lainnya,” tulis pihak studio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.