Sukses

8 Momen Viral Piala Oscar 2024: John Cena Bugil, Gaun Emma Stone Rusak, dan Pro Kontra Sikap Robert Downey Jr

Di luar daftar pemenang acara ini, ada banyak hal lain dalam perhelatan Piala Oscar 2024 yang jadi pembicaraan hangat warganet. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan piala Oscar 2024 telah rampung digelar pada Senin (10/3/2024) kemarin, waktu Indonesia. Sepanjang perhelatan acara yang dipandu Jimmy Kimmel ini, panggung Dolby Theatre di Los Angeles, AS, riuh rendah begitu para pemenang diumumkan.

Oppenheimer menjadi film yang menang besar dalam acara tahun ini. Karya sineas Christopher Nolan tersebut membawa pulang 7 piala dari 13 nominasi yang dikoleksi termasuk kategori Aktor, Aktor Pendukung, Sutradara, dan Film Terbaik.

Ada pula sejumlah kemenangan—dan kekalahan—yang mengejutkan dalam perhelatan kali ini.

Emma Stone misalnya, membawa pulang piala Oscar—alih-alih Lily Gladstone bintang Killers of the Flower Moon yang sudah dijagokan karena berjaya di Golden Globe Awards dan Screen Actors Guild Awards.

Adapun Poor Things yang dibintangi Emma, mengantongi empat trofi, termasuk Desain Produksi Terbaik.

Di luar daftar pemenang, ada banyak hal lain dalam perhelatan Piala Oscar 2024 yang jadi pembicaraan hangat warganet. Mulai dari yang kocak hingga menuai pro kontra. Berikut 8 di antaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pin Dukung Gencatan Senjata Palestina

Sejumlah bintang seperti Billie Eilish, Finneas, Mark Ruffalo, Ava DuVernay, Ramy Youssef hingga Quannah Chasinghorse pakai pin Artists4Ceasefire. Pin ini melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata permanen dan secepatnya, pembebasan semua sandera, dan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza

3 dari 9 halaman

2. Messi

Salah satu momen yang bikin banyak orang gemas, adalah kehadiran Messi si anjing dalam film Anatomy of a Fall. Ia bahkan duduk di tengah hadirin, dengan mengenakan dasi kupu-kupu.

4 dari 9 halaman

3. John Cena Bugil

John Cena bikin heboh karena tampil seakan bugil saat membacakan pemenang Kostum Terbaik. Aslinya, ia mengenakan "pelindung" berupa secarik kain yang dilekatkan untuk melindungi (maaf) bokong dan alat vitalnya.

Host Jimmy Kimmel mengungkap, aksi ini semacam pengingat untuk kejadian setengah abad lalu. Pada Oscar 1974, ada seorang pria bugil yang mendadak muncul dan berlari di atas panggung. 

5 dari 9 halaman

4. Ryan Gosling Hadirkan Ken-ergi ke Panggung Oscar

Ryan Gosling yang membawakan "I'm Just Ken" di panggung Oscar 2024, jadi salah satu highlight perhelatan ini. Ada saja aksi panggungnya dari menari sambil diangkat backup dancer, mengajak Emma Stone sang lawan main di La-La-Land nyanyi bareng, hingga memboyong Slash untuk ikut memanaskan suasana. 

6 dari 9 halaman

5. Gaun Emma Stone Rusak

Kekagetan Emma Stone saat dipanggil sebagai pemenang Aktris Terbaik sungguh kentara. Tak hanya mesti mengucap pidato kemenangan, rupanya ada hal lain yang membuatnya gugup: gaunnya rusak saat naik ke podium.

"Ini kayaknya (rusak) waktu 'I'm Just Ken.' Aku lumayan yakin," kata dia, merujuk penampilan heboh Ryan Gosling sebelumnya. 

7 dari 9 halaman

6. Robert Downey Jr. Nyuekin Ke Huy Quan?

Robert Downey Jr jadi buah bibir usai menang Aktor Pendukung Terbaik lewat Oppenheimer. Tak hanya karena kemenangannya, tapi juga sikapnya yang dinilai tak layak kepada Ke Huy Quan, presenter yang membacakan nominasi ini, sekaligus pemenang kategori serupa tahun lalu.

Ia dinilai tak sopan karena tak melirik atau menyapa Ke Huy Quan sedikit pun ketika mengambil pialanya. 

8 dari 9 halaman

7. Al Pacino Bikin Bingung

Cara Al Pacino mengumumkan pemenang kategori Film Terbaik bikin pemirsa garuk-garuk kepala. Lazimnya, para presenter membacakan daftar nominasi di kategori tersebut, kemudian mengucap nama pemenangnya.

Alih-alih melakukannya, ia justru memilih langsung membuka amplop di tangannya. "Film Terbaik...uhm, aku harus memeriksa amplopnya. Dan akan kulakukan. Ini dia. Dan, mataku melihat Oppenheimer?" tuturnya dengan nada tanya.

Warganet banyak yang ngakak melihat pemandangan ini, dan menilai cara sang aktor senior mengumumkan kategori prestisius ini terasa antiklimaks.

9 dari 9 halaman

8. Sindiran untuk Donald Trump

Jimmy Kimmel dikenal sebagai salah satu pesohor Hollywood yang kerap bersuara keras terhadap Donald Trump. Dalam Oscar 2024 pun hal ini ia lakukan, dengan cara bereaksi atas cuitan sang mantan Presiden AS yang mengkritisi penampilannya saat membawakan perhelatan ini tahun lalu.

Dengan nada sarkastis, ia berterima kasih karena Trump ikut menonton penampilannya. "Terima kasih sudah nonton, aku kaget Anda masih... Bukannya ini sudah lewat dari masa penjaramu?" kata Jimmy Kimmel.

Sorak sorai riuh dan tepuk tangan langsung membahana di Dolby Theatre begitu mendengar celoteh Jimmy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.