Sukses

Sebelum Meninggal, Akira Toriyama Pengarang Dragon Ball Pernah Terinspirasi Bali sebagai Lokasi Cerita Turnamen Bela Diri

Pada awal kisah manga Dragon Ball, Akira Toriyama rupanya terinspirasi budaya Bali saat membuat kisah turnamen bela diri.

Liputan6.com, Jakarta Duka masih melanda para penggemar Dragon Ball yang baru mendapat kabar bahwa pengarangnya, Akira Toriyama, meninggal dunia pada 1 Maret 2024. Kabar meninggalnya mangaka Dragon Ball, baru disampaikan oleh penerbit Shueisha pada Jumat (8/3/2024).

Semasa hidupnya, Akira Toriyama menyukseskan kisah Dragon Ball sebagai salah satu karya fenomenal di dunia hiburan. Akira Toriyama kerap kali berimajinasi menembus batas dengan menampilkan bola naga yang bisa mewujudkan keinginan siapa saja hingga suasana akhirat dari sisinya.

Namun di luar itu semua, ada satu hal lagi yang sempat menghebohkan para penggemar, terutama bagi fans yang tinggal di Indonesia. Pada awal kisah manga Dragon Ball, Akira Toriyama rupanya terinspirasi budaya Bali saat membuat kisah turnamen bela diri.

Hal itu terlihat dari beberapa simbol, tulisan, hingga busana para karakter figuran yang digambar oleh Akira Toriyama untuk manga Dragon Ball. Kisah turnamen bela diri ini sudah terbit sangat lama, yakni pada tahun 1984, namun sempat viral beberapa kali di Indonesia pada tahun 2010-an dan tahun 2020 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simbol Gapura Ala Bali dan Nama Orang

Salah satu simbol yang paling kentara sisi Balinya adalah digambarnya Gapura bergambra wajah Bathara Kala di arena turnamen. Tak hanya itu, suasana arena juga disebut-sebut mirip dengan Wantilan di Bali.

Tak hanya itu saja, di sejumlah panel manga maupun adegan anime, Akira Toriyama menyisipkan kata-kata yang sangat bernuansa Indonesia sekali. Misalnya saja cameo Wayan Budhiyasa dengan baju bertuliskan "Budhiyasa" yang ternyata adalah pemandu Akira Toriyama selama di Bali.

 

3 dari 4 halaman

Kosakata Bahasa Indonesia di Anime Dragon Ball

Sewaktu Dragon Ball diadaptasi menjadi anime, terdapat beberapa kosakata yang jelas-jelas sangat kental bahasa Indonesia maupun unsur Balinya.

Misalnya saja tulisan kota "Singaraja", "Nanas", "Kopi", serta "Garam Pedas".

4 dari 4 halaman

Panitia Pakai Baju Khas Warga Bali

Beberapa panitia turnamen bela diri dalam sejumlah panel manga Dragon Ball pun digambarkan mengenakan busana lokal khas warga Bali.

Diketahui, Akira Toriyama meninggal dunia karena terserang subdural hematoma atau penumpukan di selaput pelindung otak.

Pihak keluarga Akira Toriyama telah memakamkan sang mangaka sambil meminta fans tak mengirimkan tanda duka cita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.