Sukses

Selain Dragon Ball, Ini 5 Karya Mendiang Akira Toriyama yang Meledak di Pasaran

Kesuksesan nama Akira Toriyama tak melulu selalu dikaitkan dengan Dragon Ball.

Liputan6.com, Jakarta Mangaka Akira Toriyama yang dikenal dengan karya Dragon Ball, meninggal dunia dalam usia yang ke-68 tahun. Penerbit Shueisha menyampaikan kabar duka ini pada Jumat (8/3/2024) dengan mengumumkan bahwa sang pengarang Dragon Ball berpulang pada 1 Maret 2024.

Diketahui, Akira Toriyama meninggal dunia karena terserang subdural hematoma atau penumpukan di selaput pelindung otak. Pihak keluarga Akira Toriyama telah memakamkan sang mangaka sambil meminta fans tak mengirimkan tanda duka cita.

Kesuksesan nama Akira Toriyama pun tak melulu selalu dikaitkan dengan Dragon Ball. Sejak berkarier di industri hiburan Jepang hingga berskala global, Akira Toriyama telah sukses mencetak judul-judul selain Dragon Ball yang juga meledak di pasaran.

Menariknya, tak semua karya Akira Toriyama menyangkut manga atau anime. Beberapa di antara karyanya juga ada yang dibuat ke dalam format video game. Lantas apa saja karya-karya Akira Toriyama selain Dragon Ball yang sempat laris? Berikut deretannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dr. Slump

Dr. Slump sebenarnya dibuat sebelum Akira Toriyama menggarap Dragon Ball. Manga ini pertama kali terbit pada 1980 hingga berakhir pada 1985. Serial anime mengudara tak lama setelah manga terbit, yakni tahun 1981 hingga 1986 dengan jumlah 74 episode.

Kisah Dr. Slump menyorot sesosok robot anak gadis bernama Arale Norimaki yang diciptakan Dr. Senbei. Arale kerap membuat ulah di desanya hingga akhirnya sikapnya berubah setelah Dr. Senbei memiliki saingan jahat bernama Dr. Mashirito.

 

3 dari 6 halaman

2. Dragon Quest

Beda dari Dr. Slump yang ditampilkan dalam format manga dan anime, Dragon Quest merupakan sebuah karya video game. Dalam gim ini, Akira Toriyama bertindak sebagai artis yang mendesain segala aspek yang akan dihadirkan.

Gim Dragon Quest kini sudah mencapai seri ke-12 sejak pertama kali rilis pada 1986. Seri gim ini menjadi populer setelah beberapa mangaka membuat manga dengan dunia dari gim ini. Salah satunya adalah Dragon Quest: The Adventure of Dai karya Riku Sanjo dan Koji Inada.

 

4 dari 6 halaman

3. Blue Dragon

Blue Dragon juga merupakan seri gim karya Akira Toriyama. Dalam gim ini, pemainnya disuguhkan oleh lima orang karakter muda yang melakukan perjalanan keliling dunia.

Diketahui kemudian bahwa perjalannya itu hanya dilakukan untuk menaklukkan kejahatan yang merajalela di Grand Kingdom.

 

5 dari 6 halaman

4. Chrono Trigger

Masih di dunia gim, Akira Toriyama juga sempat sukses membuat penggemarnya antusias ketika ia merilis gim Chrono Trigger.

Bisa dibilang Chrono Trigger merupakan salah satu karya gim terlaris sepanjang sejarah Akira Toriyama. Bahkan, gim ini mendapat pujian dari para kritikus.

 

6 dari 6 halaman

5. Sand Land

Kembali pada anime, Akira Toriyama juga sempat merilis karya berjudul Sand Land hanya dalam satu volume komik pada 2000 lalu. Namun seiring berjalannya waktu, Sand Land mendulang popularitas hingga akhirnya memiliki adaptasi anime tahun ini.

Kisah manga ini menyorot Beelzebub, putra iblis Lucifer yang diharapkan bisa memenuhi hasrat ayahnya menguasai dunia namun malah memiliki sifat baik dan membaur dengan orang-orang di desanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.