Sukses

Raye Pecahkan Rekor Kemenangan di Brit Awards 2024, Tumbangkan Nama-nama Besar Bermodalkan Satu Album Debut

Baru-baru ini, enam kemenangan yang diraih Raye dalam Brit Awards 2024 membuatnya memecahkan rekor tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi sekaligus pencipta lagu Raye baru saja mendulang prestasi di negaranya sendiri, Inggris. Bermodalkan satu album debut, Raye diumumkan menyabet enam piala dari tujuh nominasi yang disematkan kepadanya dalam ajang bergengsi Brit Awards 2024.

Peraihannya itu menumbangkan nama-nama besar seperti Blur, Harry Styles, bahkan hingga Adele. Raye baru merilis album debutnya yang berjudul My 21st Century Blues pada Februari 2023 lalu dengan lagu andalannya yang berjudul "Escapism".

Melansir euronews.com, baru-baru ini, enam kemenangan yang diraih Raye itu membuatnya memecahkan rekor tersendiri. Pasalnya, sebelumnya belum pernah ada artis yang memenangkan lebih dari empat piala di ajang Brit Awards hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Sebelumnya, Blur, Adele and Harry Styles merupakan nama-nama yang sukses menyabet empat piala Brit Awards. Tak hanya itu, Raye juga menjadi wanita pertama yang memenangkan kategori Songwriter of the Year (Penulis Lagu Tahun Ini).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekspresi Kemenangan Raye Setelah Beberapa Kali Mendapat Penolakan

Pada saat menyabet piala kemenangan sambil berjalan tanpa alas kaki, Raye meluapkan ekspresi kemenangan dengan kata-kata yang penuh percaya diri.

"Aku adalah artis tiga tahun lalu yang tidak akan percaya bahwa aku memegang kendali - aku adalah bos bagi diriku sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Raye beberapa kali ditolak selama bertahun-tahun dari label rekamannya sebelum dibebaskan dari kontraknya. Sehingga, ia dapat menyimpan lagu-lagu yang ditulisnya.

Alhasil, Raye pun memutuskan untuk merilis lagunya sendiri hingga tembang andalannya, "Escapism", menjadi hit viral di TikTok. Bahkan tak lama kemudian menjadi single nomor satu.

 

3 dari 4 halaman

Album Debut Raye yang Banjir Pujian

Album debut Raye, My 21st Century Blues, sukses menyabet kemenangan dalam kategori Album of The Year (Album Terbaik Tahun Ini) di Brit Awards 2024.

Disampaikan Euronews Culture, album ini dianggap berani menerobos batas-batas genre dan secara jujur menggali beberapa pengalaman hidup Raye yang paling rentan.

Lagu-lagu yang dinilai menjadi nomor penting adalah "Escapism", "Black Mascara", dan lagu "Ice Cream Man".

 

4 dari 4 halaman

Kemenangan yang Disabet Raye Sukses Tumbangkan Nama-Nama Besar

Enam penghargaan yang disabet Raye dalam Brit Awards 2024, pertama ada Album Of The Year dengan nomine lain adalah: Blur – ‘The Ballad Of Darren’, J Hus – ‘Beautiful And Brutal Yard’, Little Simz – ‘No Thank You’, dan Young Fathers – ‘Heavy Heavy’.

Lalu untuk yang kedua adalah Song Of The Year dengan beberapa nomine dari nama besar yang berhasil ditumbangkan Raye. Sebut saja Dua Lipa, Calvin Harris, Ed Sheeran, hingga Rudimental.

Ketiga, Raye juga meraih kategori Artist of the Year menumbangkan Dua Lipa, kemudian keempat adalah R&B Act, kelima adalah Best New Artist, dan terakhir adalah kategori Songwriter Of The Year. Raye juga masuk kategori Pop Act namun kalah dari Dua Lipa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini