Sukses

6 Fakta Donny Damara Bintangi Film Perjalanan Pembuktian Cinta, Ulas Benang Merah Keikhlasan

Film Perjalanan Pembuktian Cinta dibintangi Donny Damara, Dea Annisa, Teuku Ryan suami Ria Ricis, Elma Theana, hingga peraih 2 Piala Citra, Yayu Unru.

Liputan6.com, Jakarta Produktivitas Donny Damara di layar lebar tak perlu diragukan lagi. Setelah membintangi Buya Hamka dan Titip Surat Untuk Tuhan, sang aktor tampil dalam drama religi Perjalanan Pembuktian Cinta karya sineas Muhammad Amrul Umami.

Dalam film ini, Donny Damara adu akting dengan bintang lintas generasi dari Dea Annisa, Teuku Ryan suami Ria Ricis, Elma Theana, hingga peraih 2 Piala Citra, Yayu Unru, yang meninggal dunia tahun lalu.

Perjalanan Pembuktian Cinta punya tempat tersendiri di hatinya. Saat syuting film ini, Donny Damara memaknai ulang arti cinta dan keikhlasan. Ikhlas mudah diucapkan. Namun praktiknya seringkali tak semudah yang dibayangkan.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta Donny Damara membintangi film Perjalanan Pembuktian Cinta yang akan mengharu biru bioskop mulai Kamis, 7 Maret 2024. Selamat menonton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tuhan, Cobaan Hidup, dan Ikhas

Donny Damara punya alasan khusus bersedia membintangi film Perjalanan Pembuktian Cinta. Ia mengaku jatuh hati pada naskah yang didasari kisah nyata. Benang merah kisah ini pun menyentuh hati nurani Donny Damara.

“Saya tertarik menarik benang merah bagaimana manusia harus ikhlas. Cobaan diberikan Allah. Dia tahu seberapa kuat kita menanggungnya. Pasti ada hikmah. Mungkin cobaannya enggak mudah tapi hasilnya selalu indah,” katanya.

 

3 dari 7 halaman

2. Satya Punya Istri Lagi?

Dalam Perjalanan Pembuktian Cinta, Donny Damara memerankan Satya, laki-laki yang berkecukupan. Sejumlah temannya mulai menggoda, dengan kondisi finansial yang mapan, mengapa tidak mencari istri (lagi). Satya pun mengalami pergolakan batin.

“Teman-temannya menggoda: Bagaimana sih kamu berkecukupan kok enggak ingin punya istri lagi? Tokoh ini berpendapat enggak semudah itu. Adil itu enggak sama seperti: Satu kopi dan satu porsi gula bakal menghasilkan cita rasa yang sama,” Donny Damara membocorkan.

 

4 dari 7 halaman

3. Kolaborasi dengan Sutradara Baru

Pernah berkolaborasi dengan sutradara andal seperti Teddy Soeriaatmadja, Angga Dimas Sasongko, hingga Hanung Bramantyo, kini dalam Perjalanan Pembuktian Cinta, akting Donny Damara diarahkan sineas M Amrul Ummami. Ia pun berbagi kesan selama syuting.

“Amrulla dan tim enak diajak diskusi. Apalagi ini film religi, sangat agamis, saya harus hati-hati dalam men-deliver kata-kata. Dalam bertindak atau gestur, ada pagarnya. Itu dikomunikasikan dengan tim penyutradaraan secara baik,” paparnya, panjang.

 

5 dari 7 halaman

4. Syuting 2 Minggu di Jabar

Di tengah dominasi horor dan komedi, Donny Damara berharap Perjalanan Pembuktian Cinta memberi napas baru untuk para pencinta film di Tanah Air. Syuting digelar dua mingguan.

“(Syutingnya) sekitar dua minggu di Kuningan, Cirebon, Jawa Barat,” ujarnya saat berbincang di sela gala premiere yang digelar di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024).

 

6 dari 7 halaman

5. Ekspresi dan Emosi Minim Kontak Fisik

Berkarier di dunia seni peran sejak 1988, Donny Damara tetap saja merasa tertantang saat syuting Perjalanan Pembuktian Cinta. Salah satunya, karena dalam berakting minim kontak fisik. Ada pagar-pagar yang mesti dipatuhi saat pengambilan gambar.

“Saya mesti bisa meyakinkan penonton lewat ekspresi, mengungkapkan emosi dengan minim kontak fisik tapi penonton tetap bisa merasakan feel-nya. Mas Yayu almarhum dan Elma Theana di sini sebagai ayah dan ibu mertuaku juga sangat hati-hati,” kenang Donny Damara.

 

7 dari 7 halaman

6. Kenangan Bersama Almarhum Yayu Unru

Perjalanan Pembuktian Cinta jadi salah satu warisan seni almarhum Yayu Unru, peraih dua Piala Citra Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat Posesif dan Tabula Rasa. Donny Damara mengenang almarhum sebagai pembawa energi positif di lokasi syuting.

“Enggak hanya di lokasi syuting ini. Saya berteman dengan Mas Yayu sudah lama. Sebagai seniman besar, kehadirannya membawa energi positif sehingga syuting berjalan menyenangkan. Aksi reaksinya dapat banget. Semangatnya hadir,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini