Sukses

Tommy Kurniawan Lolos Lagi ke Senayan Berdasarkan Hasil Suvei SMRC dan Riil Count Sirekap KPU

Tommy Kurniawan mengungkap perolehan caleg lainnya di dapil yang sama dari partai lain.

Liputan6.com, Jakarta Quick Count Pemilu 2024 Calon Legislatif DPR RI di Dapil Jawa Barat V (Kabupaten Bogor) yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan caleg incumbent Tommy Kurniawan di posisi teratas dari calon lainnya di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Dalam lembaga survey tersebut, Tommy Kurniawan mendapatkan 78.350 - 123.168 suara. Perolehan suaranya unggul jauh dari caleg PKB lainnya yang ada di dapil Kabupaten Bogor, Jawa Barat tersebut. Dengan begitu, PKB diperkirakan mendapatkan 1 kursi DPR RI untuk Tommy Kurniawan.

SMRC juga mengungkap perolehan caleg lainnya di dapil yang sama dari partai lain. Terlihat Gerindra mendapatkan 2 kursi, Golkar, PAN, PKS, PDIP, Demokrat dan NasDem masing-masing mendapatkan 1 kursi. Sisa kursi lainnya masih diperebutkan caleg lainnya. Demikian Quick Count SMRC yang disampaikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, pada Selasa, 20 Februari 2024 di Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motode

Deni menjelaskan, bahwa populasi Quick Count adalah seluruh suara sah yang tersebar di seluruh TPS di Dapil Jabar V. Sampel dipilih dengan metode Stratified Systematic Cluster Random Sampling dari populasi tersebut. Quick count dilakukan di 250 TPS yang dipilih secara random, dan data sudah masuk 100% dari TPS-TPS tersebut. 

Menanggapi hasil survey tersebut, Tommy Kurniawan mengungkapkan rasa sukurnya atas kepercayaan masyarakat di Kabupaten Bogor yang kembali mendukungnya untuk kedua kalinya menjadi wakilnya di Parlemen (DPR-RI).

 

3 dari 4 halaman

Quick Qount

”Saya mengucap syukur Alhamdulillah dengan apa yang dikeluarkan quick count SMRC yang menyatakan saya, InsyaAllah lolos ke DPR RI. Semoga saya tetap amanah bisa menjalankan dan memberikan yang terbaik untuk Warga Kabupaten Bogor ke depannya. Selama ini memang kita fokus dengan membantu UMKM dan juga kegiatan sosial lainnya, termasuk infrastruktur,” kata Tommy Kurniawan ditanya terkait survey SMRC tersebut, Rabu (21/2/2024). 

”Versi riil count KPU juga menunjukkan angka yang memuaskan. Ya, kita lihat nanti hasil persisnya. KPU masih bekerja mengihitung, kita tunggu hasilnya dan informasi kelanjutannya di Dapil Jabar V ini,” tandas Aktor yang juga duduk di Komisi VI DPR RI ini.

 

4 dari 4 halaman

Total Suara Sah

Diketahui, dilihat dari versi riil count dalam Sistem Rekapitulasi Suara (Sirekap) laman pemilu2024.kpu.go.id, Selasa (20/2/2024), Tommy Kurniawan meraih 47.135 suara dengan total suara sah caleg dan partai mencapai 114.815 suara. Ia berada di posisi teratas dari caleg lainnya dipartai yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.