Sukses

Lomba Pianica Nasional 2023 Tingkat SD Sukses Digelar, Akhirnya Umumkan Nama Para Pemenang

Belum lama ini, pihak Lomba Pianica Nasional 2023 tingkat sekolah dasar, sukses digelar oleh PT Yamaha Musik Indonesia Distributor dan Pusat Prestasi Nasional, berikut deretan pemenangnya.

Liputan6.com, Jakarta Lomba Pianica Nasional yang diinisiasi oleh PT Yamaha Musik Indonesia Distributor bekerjasama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI), telah selesai diselenggarakan. Acara ini juga telah menghasilkan para pemenang yang telah diumumkan secara resmi pada 31 Januari 2024 melalui kanal youtube YamahaMusikID dan Pusat Prestasi Nasional.

Lomba yang menyasar pada peserta tingkat sekolah dasar dan dilangsungkan mulai periode 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2023 tahun lalu ini, menghasilkan para pemenang terbaik dari empat kategori lomba yaitu kategori Solo A (Kelas 1,2,3), Solo B (Kelas 4,5,6), Ansambel A (Kelas 1,2,3) dan Ansamble B (Kelas 4,5,6). Lomba Pianica Nasional ini mengusung tema “Ekspresikan cinta tanah air dan budaya Indonesia dengan bermusik Pianica”.

Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si selaku Kepala Pusat Prestasi Nasional sangat mengapresiasi kesuksesan Yamaha Musik Indonesia dalam menyelenggarakan lomba Pianica yang menghasilkan 1021 video peserta dari seluruh Indonesia tersebut.

“Seni sebagai ekspresi budaya memiliki peran penting dalam membangun karakter dan membudayakan Masyarakat. Keterlibatan Yamaha Musik Indonesia bersama Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan Kebudayan, Riset dan Tekhnologi melalui Pusat Prestasi Nasional dalam memperkenalkan seni bermain Pianica sebagai bagian dari kurikulum seni pada pendidikan dasar di Indonesia merupakan langkah strategis," ungkap Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si.

"Perjanjian Kerjasama Yamaha Musik Indonesia dan Kemendikbudristek melalui Puspresnas telah membawa dampak positif yaitu program pengembangan ketalentaan pada satuan Pendidikan. Ruang lingkup Kerjasama ini yang terfokus pada pengembangan peserta didik dan pemandu talenta di klaster ketalentaan bidang seni dan budaya adalah langkah nyata dalam mendukung visi Pembangunan dan kebudayaan,” ia menyambung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Bangga dan Ucapan Selamat

Berkaitan dengan lomba video Solo dan Ansembel Pianica antar sekolah dasar nasional di tahun 2023 tersebut, Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si menjelaskan betapa Puspresnas sangat bangga men-support kegiatan ini,

“Lomba yang positif ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi saja, namun juga sebagai sarana memupuk kecintaan terhadap Tanah Air dan kebudayaan nusantara. Melalui lagu – lagu daerah yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, lomba ini mengajak pelajar untuk lebih mengenal dan mencintai kekayaan budaya bangsa kita," ujar Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si.

"Saya ingin menyampaikan mengapresiasi setinggi – tingginya kepada Yamaha Musik Indonesia atas dedikasinya dalam mendukung pengembangan seni bermain Pianica di kalangan pelajar. Keberhasilan lomba ini dengan total 1021 video plus hadirnya peserta SLB (tuna netra) dari Pulau Belitung dan peserta dari SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) dari Riyadh, Saudi Arabia mencerminkan antusiasme yang luar biasa," sambungnya.

"Semoga implementasi Kerjasama ini dapat lebih diperluas dan manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak siswa, guru dan sekolah di seluruh Indonesia. Langkah – langkah progresif seperti ini menjadi fondasi yang kokoh dalam membentuk generasi yang kreatif dan berbudaya. Mari kita Bersama – sama terus mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu Osamu Izawa selaku Presiden Direktur PT Yamaha Musik Indonesia Distributor tidak lupa juga mengucapkan selamat pada seluruh pemenang Lomba Pianica Nasional 2023.

“Selamat kepada pemenang Lomba Pianica Nasional 2023, saya sangat mengapresiasi partisipasi 1021 sekolah dan peserta didik dari seluruh Indonesia. Semoga event ini bisa jadi sarana mengembangkan karakter dan para pelajar bisa mengenal lagu – lagu daerah sehingga lebih cinta Indonesia,” jelas Osamu Izawa.

 

3 dari 4 halaman

Penilaian dari 1021 Video Peserta

Dewan juri Lomba Pianica Nasional yang terdiri dari Ketua Dewan Juri: Andy Jobs, sekretaris : Tri Wahyu Widodo serta Kenan Loui, Ahmad Timur Aprianto, Teguh Ray Rahwono dan Hasbi Yusuf sebagai Anggota Dewan Juri telah melakukan penilaian dari 1021 video peserta.

Dari situlah terdapat Juara 1, 2 dan 3 serta 21 Juara Harapan masing – masing provinsi kelas Solo Pianica kategori A (kelas 1, 2 dan 3), Juara 1, 2 dan 3 serta 32 Juara Harapan masing – masing provinsi kelas Solo Pianica kategori B (kelas 4, 5 dan 6), Juara 1, 2 dan 3 serta 17 Juara Harapan masing – masing provinsi kelas Ansambel Pianica kategori A (kelas 1, 2 dan 3) dan Juara 1, 2 dan 3 serta 26 Juara Harapan masing – masing provinsi kelas Ansambel Pianica kategori B (kelas 4, 5 dan 6).

Andy Jobs selaku ketua dewan juri Lomba Pianica Nasional menjelaskan tolak ukur penilaian untuk mencari pemenang yang tepat di Lomba Pianica Nasional tahun 2023 ini.

“Selamat bagi seluruh peserta lomba Pianica tingkat nasional yang di selenggarakan oleh Yamaha Musik. Sebagai Dewan juri kami memutuskan bukan hanya dari sisi tekhnik saja tetapi juga dari originalitas dan kreatifitas dari seluruh peserta Lomba Pianica kali ini. Semoga lomba Pianica tingkat nasional ini menjadi ajang tahunan yang terus di selenggarakan oleh Yamaha Musik dan mendapatkan sambutan yang positif dan hangat dari seluruh masyarakat,” terang Andy Jobs.

Lomba Pianica Nasional 2023 ini memperebutkan hadiah uang sebesar Rp 2.500.000,- (Juara 1), 2.000.000,- (Juara 2) dan Rp 1.500.000,- (Juara 3) untuk masing – masing kategori A dan B Solo Pianica serta Rp 5.000.000,- (Juara 1), 4.000.000,- (Juara 2) dan Rp 3.000.000,- (Juara 3) untuk masing – masing kategori A dan B Ansambel Pianica plus hadiah e-sertifikat Kemdikbud untuk seluruh pemenang.

Berikut daftar lengkap pemenang Lomba Pianica Nasional 2023 :

4 dari 4 halaman

Pemenang Lomba Pianica Nasional 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini