Sukses

5 Potret Inul Daratista Kunjungi Karyawan, Soroti Dampak Andai Pajak Hiburan Benar-Benar Naik

Inul Daratista baru-baru ini menyorot para karyawan di salah satu lokasi bisnis karaokenya sembari membahas hal-hal yang tak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta Inul Daratista kini tengah menyorot salah satu wacana kebijakan yang ia rasa akan memberatkan para pengusaha di bidang hiburan termasuk dirinya. Hal yang menjadi keluhan Inul Daratista terkait dengan kenaikan pajak bisnis hiburan menjadi 40 hingga 75 persen.

Setelah puas melampiaskan uneg-unegnya soal pajak di media sosial sembari mengundang Menparekraf Sandiaga Uno untuk berdiskusi perihal kebijakan tersebut, Inul pun menyorot para karyawan di salah satu lokasi bisnis karaokenya, Inul Vizta.

Momen tersebut diunggah Inul Daratista melalui akun TikTok @inul.daratista miliknya. Terlihat dalam video yang cukup panjang itu, Inul berinteraksi dengan sejumlah karyawan yang nasibnya terancam andaikan kebijakan yang tersebut dilaksanakan.

Selama bersama para karyawannya, Inul Daratista bersikap apa adanya. Ia menunjukkan sisi bersahabat sekaligus sisi tegasnya sebagai seorang owner. Lantas, seperti apa kebersamaan Inul Daratista dan karyawan di tempat hiburan miliknya? Berikut deretan potretnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Inul Bersama Karyawan di Kasir

Di awal video, Inul terlebih dahulu menghampiri bagian kasir terlebih dahulu. Dua pegawai yang ada di situ juga sudah mengetahui bagaimana nasib mereka andaikan pajak hiburan naik.

Pada saat menanyakan soal isu pajak naik, salah satu karyawan di kasir pun sudah memperkirakan bagaimana beratnya andai wacana itu menjadi sebuah kebijakan.  

Di sini, Inul juga menyebut bahwa selama ini dirinya sudah membayar pajak sebesar 25 persen.

"Saya mau pamer usaha saya yg mau dinaikin pajaknya dr 25% ke 40-75%," tulis Inul pada salah satu keterangan video unggahannya ini, Sabtu (13/1/2024).

3 dari 6 halaman

2. Inul Memperlihatkan Suasana Tempat Karaokenya yang Sepi Pengunjung

Setelah itu, Inul langsung memperlihatkan kondisi yang sedang melanda tempat karaokenya. Ia bersama seorang karyawan membuka tiap room yang mereka lewati.

Rupanya, dari sekian banyak room, setidaknya hanya dua yang sedang diisi oleh pengunjung. Inul pun menegaskan dalam videonya bahwa rekaman itu diambil pada hari Sabtu.

Ia lalu menekankan bahwa dalam kondisi seperti saat ini saja tempat karaokenya masih sepi, apalagi jika pajaknya nanti naik menjadi 75 persen.

4 dari 6 halaman

3. Nasib Seorang Karyawan Andaikan Tak Lagi Bekerja dengan Inul

Setelah itu, Inul pun berhenti di depan para karyawan yang hanya bisa berdiri menunggu saking sepinya tempat tersebut. Ia kemudian bertanya kepada karyawan andaikan mereka tak lanjut bekerja dengannya lagi.

Salah seorang karyawan pun bersuara. Ia mencemaskan nasib anak dan istrinya jika dirinya tak lagi bekerja dengan Inul. Alhasil, Inul menekankan bahwa ada lebih banyak lagi karyawan yang bernasib serupa jika pajak dinaikkan.

5 dari 6 halaman

4. Inul Sedih Memikirkan Nasib Karyawannya

Pada kesempatan yang sama, Inul terlihat tak dapat menahan air mata yang menetes saking sedihnya memikirkan nasib para karyawan.

Terlihat Inul juga beberapa kali mengusap air matanya dengan tangan sambil berbicara mengenai tempat karaokenya yang sepi meskipun pada akhir pekan.

Inul juga membandingkan tempat karaokenya dengan tempat hiburan lain yang lebih megah dan lebih banyak pengunjung.

6 dari 6 halaman

5. Inul Kumpulkan Karyawan yang Terlihat Waswas dengan Nasibnya

Pada momen terakhir dalam videonya, Inul mengumpulkan semua karyawannya di satu ruangan. Ia pun menyebut jumlah karyawan yang hadir kala itu baru setengahnya.

Inul menekankan jika semua karyawannya hadir maka akan lebih banyak lagi yang terancam tak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka terkait isu naiknya pajak.

Inul pun menyebut bahwa total ada ribuan karyawan di seluruh Indonesia yang harus diperhatikan kesejahteraannya.

"Klo bener terjadi 5000 karyawan saya akan selesai + sama rekan2 pemilik bisnis karaoke yg lain akan PHK massal 😢," tulis Inul dalam keterangan video yang sama.

Pada momen ini, Inul juga menunjukkan ketegasannya sebagai owner. Setelah berbicara mengenai nasib karyawannya, ia meminta semuanya untuk kembali ke posisi masing-masing sambil memberi semangat agar mereka bisa melanjutkan pekerjaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.