Sukses

Tessa Kaunang Spill Pemicu Cerai dari Sandy Tumiwa, Baru Sebulan Mualaf Minta Istri Pindah Keyakinan

Berbagi kesaksian di gereja, Tessa Kaunang akhirnya buka suara penyebab cerai dari Sandy Tumuwa sebenarnya. Ia menolak saat diminta pindah agama.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan Tessa Kaunang berbagi kesaksian di gereja dan sejumlah kanal YouTube soal penyebab cerai dari Sandy Tumiwa. Pasangan selebritas ini resmi cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, September 2014, tak lama setelah Sandy Tumiwa jadi mualaf.

Tessa Kaunang selama ini bungkam soal penyebab cerai. Namun dalam kesaksiannya di gereja, ia akhirnya mengaku cerai karena diminta Sandy Tumiwa mengikuti keyakinannya setelah mualaf. Tessa Kaunang menolak dengan alasan kuat.

“Buat saya kalau dia mau pindah (agama) waktu itu, saya setujui karena kita sudah punya anak-anak. Dengan berat hati saya ikhlaskan dia pindah. Tapi pada saat dia baru pindah, baru pindah lo ya, baru satu bulan atau belum satu bulan, dia suruh saya sama anak-anak pindah,” katanya.

Permintaan Sandy Tumiwa memberatkan hati Tessa Kaunang. Kala itu, ia berpikir ingin melihat dulu perubahan suami setelah pindah agama. Menilai perubahan jelas butuh waktu panjang. Bukan seminggu dua minggu, atau sebulan dua bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Tentu Memberi Contoh

“Nah itu, yang saya enggak setuju. Kan, yang namanya orang pindah belum tentu memberikan contoh yang baik karena dia baru pindah. Belum ada buah (hasilnya) istilahnya buat kami,” Tessa Kaunang membeberkan.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (20/12/2023), artis kelahiran 5 November 1976, ini menjelaskan, yang menilai perubahan seseorang adalah orang lain atau masyarakat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bukan Mukrim

Namun Sandy Tumiwa berkukuh pada dalil jika Tessa Kaunang tak mengikuti keyakinannya, maka mereka berdua bukan lagi mukrim. Saat itulah, Tessa Kaunang mantap menggugat cerai suami di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Nah tiba-tiba dia bilang katanya kalau saya sama anak-anak enggak pindah, nanti saya sama dia bukan mukrimnya dong di tempat tidur. Ya, sudah. Kalau begitu kita pisah. Jadi inti masalahnya di situ,” paparnya kepada awak media.

 

4 dari 4 halaman

10 Atau 20 Tahun Lagi

Tak ada penyesalan dalam diri Tessa Kaunang setelah resmi menjanda. Tragedi rumah tangga ini justru makin menguatkan iman dan kesaksiannya. Kini, Tessa Kaunang menjalani hari-hari dengan kedua anaknya dalam bahagia.

“Ya sejujurnya seperti itu. Jadi sebenarnya saya menikah sama Sandy secara Kristen dan memang pisahnya itu bukan karena saya enggak setuju tadinya dia pindah. Dia kembali ke keyakinan waktu dia lahir,” Tessa Kaunang menggarisbawahi.

Dalam kesempatan itu, bintang sinetron Jodoh Wasiat Bapak mengaku ikhlas Sandy Tumiwa pindah keyakinan. Tessa Kaunang memang ingin melihat perubahan suami ke arah kebaikan dengan iman yang baru. Sayang, itu tak terjadi.

“Kalau dia sudah menjalankan dengan baik, hasilnya bisa kita lihat mungkin setahun dua tahun, 10 tahun, 20 tahun nanti orang lain yang bisa lihat, yang bisa nilai. Kalau dia bisa menjadi lebh baik lagi enggak ada salahnya kita contoh,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.