Sukses

Raden Ajeng and the Angel Wings Luncurkan Versi Terbaru Album Phantasia, Andalkan Penceritaan dan Narasi Antar Lagu

Alasan Raden Ajeng and the Angel Wings mengganti judulnya menjadi Phantasia karena mereka terinspirasi oleh konsep dari Phantasiai yang diprakarsai oleh filsafat Stoisisme asal Yunani.

Liputan6.com, Jakarta Pada 16 September 2023, Raden Ajeng And The Angel Wings merilis album bertajuk Phantasia dengan single utama yang bertajuk "Dia Adalah Maria". Album ini mengandalkan storytelling (penceritaan) dan narasi antara satu lagu dengan lagu lainnya terdapat cerita dan elemen yang bisa dibilang berkaitan.

Dari situ, mendengarkan album Phantasia terasa seperti mendengarkan musik dan membaca sebuah antologi secara bersamaan. Album Phantasia ini sebenarnya telah melalui proses perilisan ulang sebelumnya. Kali ini merupakan kali ketiga album Phantasia dirilis ulang dengan sebelumnya memiliki judul Fantasi 1.

Alasan mengapa Raden Ajeng and the Angel Wings mengganti judulnya menjadi Phantasia adalah karena mereka terinspirasi oleh konsep dari Phantasiai (φαντασίαι) yang diprakarsai oleh filsafat Stoisisme asal Yunani.

Phantasiai merupakan istilah yang digunakan oleh filsuf-filsuf stoik seperti Epicurus dan Pyrrho untuk merujuk pada informasi yang diterima melalui indra dan muncul dalam pikiran. Menurut mereka, phantasiai mewakili penilaian pra-kognitif yang berasal dari pengalaman kita sebelumnya atau pemikiran bawah sadar kita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Track Pembuka dari Album Phantasia

"Dia Adalah Maria" merupakan track pembuka dari Album Phantasia sekaligus single utama dari album tersebut. Lagu tersebut merupakan suatu lagu pop sederhana yang menceritakan tentang seorang pria yang jatuh cinta pada pandangan pertama dan terpana dengan kecantikan seorang wanita bernama Maria.

Lagu ini, bisa dibilang, merupakan sebuah single pengenalan yang mungkin akan cukup "mengelabui" para pendengar dari progresi tema yang akan terjadi pada album ini.

 

3 dari 5 halaman

Ada Lagu Pop Energik

Terdapat pula lagu pop energik bertajuk "Kesempatan Ketiga", yang merupakan lagu keempat dari album Phantasia dan single kedua dari Raden Ajeng and the Angel Wings.

Lagu ini memiliki tema dan pesan yang positif tentang bagaimana kesempatan pasti akan selalu ada, asalkan kita memiliki tekad dan semangat untuk selalu maju dan pantang menyerah. Hal itu seperti yang digambarkan oleh karakter-karakter dalam lagu "Kesempatan Ketiga".

 

4 dari 5 halaman

Lagu Pertama dari Side B Album Phantasia

Kemudian, lagu "Tertawa Dengan Angin" — lagu ini adalah lagu pertama dari side B album Phantasia. Lagu dengan nuansa yang melankolis ini memiliki penceritaan dan narasi yang terdengar sederhana, yakni tentang seseorang yang sedang berjalan di sebuah taman dan menikmati udara musim kemarau.

Namun lagu ini juga merupakan sebuah “penanda” jika album Phantasia akan mengalami perubahan tone di bagian Side B, di mana progresi, atmosfer dan penulisan atau storytelling lagu menjadi lebih gelap dengan pemilihan kata yang menggambarkan hal-hal yang dirasakan dan dilihat oleh karakter-karakter di album ini.

Pada lagu Tertawa Dengan Angin ini pula, Raden Ajeng and the Angel Wings melibatkan kolaborasi dengan Aksata (David Qlintang pada gitar dan Ria ZIppe pada vokal).

 

5 dari 5 halaman

Album yang Dinamis dan Memiliki Berbagai Warna Narasi

Secara keseluruhan, album Phantasia merupakan album yang dinamis dan memiliki berbagai warna narasi; ia bisa bernuansa gelap di suatu waktu namun juga energik di waktu lainnya.

Menggabungkan elemen neo-classical dengan pop orchestra serta classic rock, Raden Ajeng and the Angel Wings memiliki musikalitas yang amat plural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini