Sukses

Era Baru Rayen Pono Dimulai dengan Merilis Lagu Ikhlas, Titik Temu antara Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan

"Ikhlas" yang dirilis pada tanggal 8 Desember 2023 di bawah bendera Semesta Records ini menandai langkah Rayen Pono menuju eksplorasi baru dalam musik pop.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bergulirnya tahun 2023, musisi pop, R&B, dan soul, Rayen Pono, menandai perjalanannya dengan merilis album panjang perdananya, Empat Puluh, di bawah bendera label musik Semesta Records pada bulan Januari lalu. Kini, menjelang akhir tahun, Rayen Pono siap menyajikan prolog dari era baru yang dijalaninya melalui single terbaru yang berjudul "Ikhlas."

"Ikhlas," yang dirilis pada tanggal 8 Desember 2023 di bawah bendera Semesta Records ini menandai langkah Rayen Pono menuju eksplorasi baru dalam musik pop. Berbeda dengan warna R&B era 90-an yang kental dalam album sebelumnya, lagu ini membawa pendengar ke era 2000-an dengan semangat yang menggema.

Lagu yang ditulis secara eksklusif oleh Rayen Pono menceritakan keputusannya untuk mengikhlaskan babak hidup yang lama demi menyambut petualangan hidup yang baru. Dengan vokal prima, Rayen Pono menggambarkan pergumulan emosi yang kompleks, terutama dalam bagian pre-chorus.

"Aku harus ikhlas / Walau tak pernah belajar / Bagaimana caranya? / Tuhan tolong aku / 'Tuk melepasmu / Menuju jalan berbeda / Kulanjutkan hidup / Memulai lagi tanpa dirimu,” begitu penggalan liriknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemilihan Lagu

Lagu "Ikhlas" dianggap sebagai karya paling berani Rayen Pono, sebuah deklarasi monumental bahwa ia siap meruntuhkan segala rintangan yang menghadang, terlepas dari masalah pita suara yang baru-baru ini dihadapinya.

“Sesungguhnya intuisi saya yang mendorong saya untuk memilih lagu 'Ikhlas' ini sebagai prolog untuk era baru saya. Akan tetapi, ternyata apa yang lagu ini hendak sampaikan sangat merefleksikan perspektif hidup saya pada saat ini," katanya melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini.

 

3 dari 4 halaman

Titik Temu

Sambil memandang masa lalu melalui lagu-lagu klasiknya, seperti "Tanya Hati" dan "Aku Pasti Kembali," Rayen Pono memutuskan untuk menghadirkan kembali semangat era 2000-an melalui "Ikhlas," dengan kolaborasi khusus dari Rendy Pandugo, pemenang AMI Awards, yang turut menyumbangkan suara gitar.

“Saya pun memutuskan untuk membawa kembali rasa dan semangat era 2000-an di lagu 'Ikhlas' ini. Singkat kata, lagu 'Ikhlas' ini menjadi titik temu yang manis antara masa lalu, masa kini, dan masa depan saya,” tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Kejutan di 2024

Selain peluncuran lagu baru, Rayen Pono mengungkapkan berbagai kejutan yang akan dihadirkan pada tahun 2024. Tur solo perdananya bertajuk "Perjalanan Tanya Hati" akan menyambangi 8 kota di Indonesia, mengajak para penggemar merayakan dua dekade perjalanan bermusiknya. Rayen Pono menyimpulkan tahun 2023 sebagai tahun penuh proses.

"Saya akan mengenang tahun 2023 sebagai tahun ketika saya berproses dengan sedemikian rupa sehingga tidak hanya saya berhasil menciptakan karya paling penting dalam perjalanan bermusik saya, tetapi saya juga berhasil menemukan siapa diri saya sebagai seorang musisi. Saya siap untuk berkarya dengan nama saya sendiri dan menjadi musisi atas nama saya sendiri. Lucunya, semakin saya bertambah usia, saya malah semakin merasa muda," celoteh Rayen Pono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini