Sukses

Rizal Mantovani Turun Tangan Bikin Videoklip Lagu Terbaru Wali, Dibuat Dengan Nuansa Timur Tengah

Band Wali menghadirkan nuansa yang berbeda lewat single terbarunya berjudul Fatimah.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak grup musik di Indonesia seperti Wali. Selama 24 tahun eksis, band dengan personil Apoy (gitar), Faank (vokal), Tomi (drum) dan Ovie (keyboard) itu tetap konsisten menelurkan karya-karya baru, termasuk dalam bentuk album.

Tahun 2023 ini, setidaknya Band Wali sudah merilis dua single. Di bulan November ini, band dengan personil para santri itu kembali merilis single baru berjudul “Fatimah”. Penggunaan nama orang atau diksi “Fatimah” adalah kali pertama bagi Wali.

Sebagai pencipta lagu, Apoy mengatakan membayangkan tentang sosok seorang perempuan yang 'sempurna'. Fatimah adalah nama familiar, bahkan menjadi sebuah nama mulia yang disematkan Nabi Muhammad SAW kepada putrinya.

“Mudah-mudahan nyampe gongnya, akan menjadi diksi baru yang akan mewakili sosok perempuan ideal. Setiap perempuan dimana pun berada, ingin menjadi seperti Fatimah. Si laki-laki ingin mendapatkan pasangan seperti Fatimah, apakah Fatimah itu ibunya atau saudara perempuannya sendiri,” terang Apoy ditemui di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 30 November 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lagu Yang Berbeda

Wali menginginkan "Fatimah" hadir sebagai sebuah lagu yang berbeda di sepanjang 24 tahun perjalanan karir bermusik mereka. Selama ini, sebut Apoy, penggemar-penggemar Wali akan dengan mudah mengenal lagu-lagu mereka. 

“Kita paham dalam sebuah kehidupan, ketika disuguhkan hal yang sama akan menjadi sesuatu menjenuhkan. Berharap lagu ini jadi sesuatu yang ‘plot twist’ untuk para pendengar setia Wali atau masyarakat atau netizen. Karena memang sebelum-sebelumnya, Wali tidak pernah membawakan di penyajian yang seperti ini dengan tempo yang lebih rendah,” lanjut gitaris berkacamata itu.

 

3 dari 4 halaman

Misi Mengembalikan Vokal Faank

Hal menarik lain yang ditawarkan Wali lewat lagu "Fatimah" adalah terkait konsep vokal Faank. Lewat single ini, Wali mencoba mengembalikan vokal Faank seperti saat mereka merekam album pertama dan kedua di awal-awal kemunculan band itu.

Bagi Apoy dan rekan-rekannya di Wali, hasil rekaman lagu "Fatimah" cukup spesial. Wali  mengggunakan standar teknologi suara tiga dimensi atau Dolby Atmos Music.

“Kita coba tawarkan kepada masyarakat cara bernyanyi Faank yang agak berbeda. Dan harapannya, ketika ada yang mendengarkan lagu ini, mereka akan bertanya ini lagu siapa ya? Itu goal kita. Jadi jangan sampai ketebak ini lagu Wali," tambah Apoy yang juga memasukkan beberapa part petikan gitar nylon-nya dalam lagu “Fatimah”.

 

4 dari 4 halaman

Rizal Mantovani Turun Tangan

Sementara, pengerjaan musik video “Fatimah” dipercayakan kepada sutradara Rizal Mantovani. Rizal bukan nama baru bagi Wali. Sutradara yang sukses dengan sejumlah film layar lebar itu juga pernah menggarap musik video Wali single “Doaku Untukmu Sayang” di tahun 2011.

Berangkat dari nama “Fatimah”, Rizal kemudian mengadaptasi semangat musik video Wali ke satu masa lalu dengan mengambil setting lokasi di negeri-negeri Arab. Cerita video klipnya mengenai kisah cinta seorang wanita yang mampu membuat pria yang mencintainya menjadi lebih kuat dalam berjuang.

“Tidak hanya cantik, tapi perempuan ini juga punya kepribadian yang sangat kuat, sangat baik, penyayang dan peduli. Si pria melihat Fatimah adalah sosok yang ingin dinikahi tapi tidak mudah perjalanan asmara mereka. Tapi kita tahu, dengan cinta mendalam kepada Fatimah dalam hatinya ia akan mendapatkan gadis yang dicintai. Namun disisi lain penekanan cerita di video klip lebih kepada si wanita baik ini mampu membuat pria yang mencintainya ini menjadi lebih kuat dalam berjuang," ungkap Rizal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini