Sukses

PSM IPB Agria Swara Cemerlang di The 34th Praga Cantat International Choir Competition and Festival

PSM IPB Agria Swara tidak hanya meraih Juara Umum, tetapi juga memborong sejumlah penghargaan bergengsi di berbagai kategori.

Liputan6.com, Jakarta Pada 11 November 2023 lalu, PSM IPB Agria Swara, di bawah pimpinan pengaba Arvin Zeinullah, berhasil mencatatkan prestasi gemilang bagi Indonesia dalam The 34th Praga Cantat International Choir Competition and Festival di National House Na Vinohradech, Praha, Republik Ceko.

Tidak hanya meraih gelar Juara Umum atau Grand Prix, PSM IPB Agria Swara juga berhasil meraih sejumlah penghargaan prestisius dalam berbagai kategori. Winner of Mixed, Choir Category, meraih Gold Medal di Mixed Choir dan Folklore Category, serta mendapatkan Special Prizes atas penampilan luar biasa dalam membawakan komposisi "Malin" karya Bagus Satrio Utomo.

Vinisa Auliriyani Bellaputri juga meraih Penghargaan Khusus sebagai solo terbaik dalam komposisi yang sama.

Kompetisi yang diikuti oleh tujuh negara, termasuk Indonesia, melibatkan 40 penyanyi, pengaba, tim dokumentasi, dan official yang tergabung dalam tim "The 9th IMAC (International Mission in Art and Culture)".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Hanya Sebuah Tim

PSM IPB Agria Swara berpartisipasi dalam dua kategori, yaitu paduan suara campuran dan folklore, berhasil memukau para juri dengan penampilan lagu-lagu dalam berbagai bahasa, termasuk Jerman, Latin, Ceko, dan Bahasa Indonesia.

"Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras lintas angkatan dan keberagaman tim kami. Kami bukan hanya sebuah tim, melainkan keluarga yang kuat,” kata Arvin Zeinullah melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini. 

 

3 dari 4 halaman

Perkaya Hubungan Indonesia-Ceko

Duta Besar Ceko juga turut memberikan selamat, mengapresiasi perjuangan Agria Swara, dan menyatakan kebanggaannya atas representasi budaya Indonesia.

"Prestasi ini memperkaya hubungan antara Indonesia dan Republik Ceko melalui seni dan budaya," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Konser Budaya

Sementara itu, Sekarini Aksobya, ketua delegasi, berharap Agria Swara tetap menjadi sumber daya manusia yang tangguh di semua situasi dan terus meraih prestasi gemilang di masa depan.

Tim The 9th IMAC PSM IPB Agria Swara akan melanjutkan pencapaiannya dengan menggelar konser budaya di BORG Guntramsdorf, Austria, dan di Weltmuseum, Wina, Austria pada tanggal 14 November 2023. Mereka akan mempersembahkan ragam lagu daerah Indonesia dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku.

Agria Swara membuktikan bahwa kekayaan budaya Indonesia dapat menjadi daya tarik dunia melalui seni vokal yang memukau dan prestasi luar biasa di panggung internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini