Sukses

Karate Kid Versi Jackie Chan Akhirnya Gabung Universe Film-film Era 1980-an, Bakal Ada Sekuel Baru

Jackie Chan dan bintang lawas Karate Kid, Ralph Macchio, muncul bersama dalam video untuk mengumumkan sekuel film The Karate Kid.

Liputan6.com, Jakarta Aktor laga Jackie Chan sudah tak perlu lagi diragukan kualitasnya di kancah film dunia. Tak hanya tampil di film-film produksi Hong Kong, deretan film Hollywood pun sempat dimainkan Jackie Chan, termasuk The Karate Kid yang turut dibintangi Jaden Smith.

Dalam film The Karate Kid yang dirilis pada 2010 itu, Jackie Chan memerankan karakter Mr. Han, guru dari Dre Parker yang dimainkan Jaden Smith. Namun, gara-gara konsep bela diri yang ditampilkan lebih pada gerakan kung fu, banyak fans Karate Kid yang protes.

The Karate Kid pun dicap sekadar menumpang nama "Karate Kid" dan dianggap bukan bagian dari universe alias jagat cerita tiga film klasik Karate Kid yang dirilis pada era 1980-an. Tiga film lawas Karate Kid itu dibintangi oleh Ralph Macchio yang juga tampil dalam serial sekuelnya, Cobra Kai, sebagai karakter yang sama, Daniel LaRusso.

Namun kabar mengejutkan datang dari Jackie Chan dan Ralph Macchio. Keduanya tiba-tiba muncul bersama dalam video yang diunggah oleh distributor seri film Karate Kid dan serial Cobra Kai, Sony Pictures pada Rabu (22/11/2023) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jackie Chan dan Ralph Macchio Mengumumkan Proyek Terbaru Film Karate Kid

Dalam video tersebut, Jackie Chan dan Ralph Macchio ternyata sama-sama mengumumkan proyek terbaru film Karate Kid. Bahkan, keduanya akan terlibat dalam casting secara global melalui situs karatekidcasting.com.

’’Kami mencari si bocah karate atau Karate Kid selanjutnya. Bersiaplah untuk check it on, check it off, hang it up,’’ seru Jackie Chan dalam video itu.

3 dari 4 halaman

Rencana Penayangan Sekuel Karate Kid

Selain itu pihak Sony Pictures juga telah mengkonfirmasi bahwa film terbaru Karate Kid nanti akan disutradarai oleh Jonathan Entwistle dari naskah yang ditulis oleh Rob Lieber.

Bahkan, film baru Karate Kid telah dijadwalkan untuk rilis pada 13 Desember 2024, menandai empat dekade dirilisnya film pertama Karate Kid, tahun 1984, sewaktu Ralph Macchio masih sangat muda.

4 dari 4 halaman

Universe Karate Kid yang Makin Luas

Keberadaan Jackie Chan pun menandai makin luasnya universe Karate Kid. Diketahui, sebelum The Karate Kid, pada 1992 sempat juga dirilis film keempat yang berjudul The Next Karate Kid. Namun film ini dibintangi oleh Hilary Swank dan "guru besar" Karate Kid, mendiang Pat Morita yang memerankan Mr. Miyagi.

Sosok Mr. Miyagi yang juga muncul di tiga film Karate Kid versi Ralph Macchio, disebut-sebut sebagai penanda tersambungnya universe dalam film ini. Maka tak heran bila banyak penggemar menganggap The Karate Kid versi Jackie Chan bukan bagian dari universe ini lantaran nama Miyagi tak disebut, sementara Pat Morita meninggal dunia pada 2005.

Walhasil, ketika serial Cobra Kai dirilis dengan sering menyebut nama Miyagi di dalamnya, fans pun langsung mengakui serial ini sebagai bagian dari universe Karate Kid. Ditambah lagi, serial Cobra Kai menampilkan kembali Daniel LaRusso, dewasa beserta karakter rivalnya, Johnny Lawrence yang diperankan William Zabka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini